IDUL ADHA DI TENGAH PANDEMI COVID 19

“/” IDUL ADHA DI TENGAH PANDEMI COVID 19

Oleh Puji Yuli

Saat ini kita sudah memasuki bulan Dzulhijjah. Di bulan ini ada moment istimewa bagi kaum muslimin tepatnya pada tanggal 10 Dzulhijjah yaitu adanya hari raya idul adha. Pada hari raya idul adha tentunya identik dengan ibadah sholat hari raya idul adha alias hari raya haji atau hari raya qurban. Pada hari raya idul adha, kaum muslimin tentunya melakukan ibadah haji maupun ibadah penyembelihan hewan qurban berupa sapi ataupun kambing.

Pada bulan Dzulhijjah tahun ini, kaum muslimin di dunia termasuk di bumi nusantara ini tentunya dihadapkan pada moment perayaan idul adha di tengah pandemi covid 19. Tentunya kaum muslimin dalam melakukan ibadah shalat idul adha maupun ibadah penyembelihan hewan qurban itu dengan protokol kesehatan yang ketat di tengah pandemi covid 19. Hal ini dilakukan untuk pengendalian penyebaran virus covid 19 dan demi keselamatan kaum muslimin yang merayakan hari raya idul adha di tengah pandemi covid 19. Dan kita saat ini belum mengetahu kapan pandemi covid 19 ini akan berakhir?

Pada hari raya idul adha tanggal 10 Dzulhijjah ini, kita kembali mengenang tentang pengorbanan dua kekasih Allah SWT yaitu Nabi Ibrahim as. dan Nabi Ismail as. Dimana, Nabi Ibrahim as rela mengorbankan untuk menyembelih putranya yang bernama Nabi Ismail as. Begitu pula Nabi Ismail yang meneguhkan ayahnya terkait perintah Allah SWT untuk menyembelih dirinya. Pengorbanan yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim as dan Nabi Ismail as itu karena mengedepankan kecintaan yang tinggi kepada Allah SWT.

Keteladanan yang telah dicontohkan oleh Nabi Ibrahim as dan Nabi Ismail as ini sungguh berarti bagi kaum muslimin saat ini untuk menjalankan perintah Allah SWT agar menjadi kaum muslimin yang bertakwa. Keteladanan ini kita butuhkan sebagai spirit motivasi untuk berusaha taat terhadap syariah Islam secara kaffah. Dimana, syariat Islam itu sebagai rahmat bagi alam semesta. Apalagi moment idul adha saat kita menjalankan ibadah shalat idul adha maupun penyembelihan hewan qurban di tengah pandemi covid 19.

Semoga Allah SWT memberikan pertolongan Nya kepada kaum muslimin dalam menghadapi situasi idul adha di tengah pandemi covid 19. Semoga kita bisa meneladani Nabi Ibrahim as maupun Nabi Ismail as dalam pengorbanan karena kecintaan kepada Allah SWT. Semoga kita bisa berusaha untuk berkorban dan beramal sholeh dengan terikat kepada Islam secara kaffah agar barokah dunia akherat.

“/” Puji yuli/rumahmedia

Tinggalkan Balasan