Imunisasi, Mencegah dan Mengendalikan Penyebaran Penyakit

Imunisasi, Mencegah dan Mengendalikan Penyebaran Penyakit

Imunisasi merupakan sebuah cara meningkatkan kekebalan tubuh dengan menggunakan vaksin—virus yang telah dilemahkan, dibunuh, atau dimodifikasi (biasanya dari bagian-bagian bakteri/virus). Kemudian, vaksin akan dimasukkan ke dalam tubuh, baik dengan suntikan maupun oral (diminum).

Setelah itu, sistem kekebalan tubuh akan bereaksi membentuk antibodi. Proses tersebut serupa dengan reaksi tubuh saat mendapati ada bakteri atau virus. Antibodi lalu membangun imunitas terhadap bakteri maupun virus membahayakan tersebut.

Tujuan imunisasi adalah mencegah terjadinya penyakit tertentu pada seseorang dan menghilangkan penyakit tertentu pada sekelompok masyarakat (populasi). Bahkan menghilangkan penyakit tertentu di dunia. Jumlah penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi sangat banyak.

Seperti yang telah disinggung, program imunisasi bertujuan untuk membasmi penyakit yang sedang merebak di tengah penduduk daerah atau negara tertentu. Tak hanya itu, kita juga perlu mendapatkan imunisasi ulang pada waktu-waktu tertentu demi menjaga atau menaikkan kekuatan sistem kekebalan tubuh.

Penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi di antaranya :
Hepatitis B, poliomyelitis, tuberkulosis, dfteri; pertusis, tetanus, pneumonia, meningitis yang disebabkan oleh Hemophilus Influenza tipe b (Hib), dan masih banyak lagi.

Berikut ini adalah jadwal imunisasi rutin yang sangat dianjurkan. Diberikan sejak usia bayi baru lahir, hingga usia dewasa ❤

Tabel Imunisasi Dasar
Sumber Gambar :
http://promkes.kemkes.go.id/?p=8989

Tabel Imunisasi Lanjutan
Sumber Gambar :
http://promkes.kemkes.go.id/?p=8989

Referensi :
Anonim. 2018. Inilah Daftar Penyakit yang Dapat Dicegah dengan Imunisasi dan Jadwal Imunisasi Rutin. http://promkes.kemkes.go.id/?p=8989. Diakses pada 20 Januari 2020 pukul 17:17

rumahmediagrup/arsdiani