Jalan Raya

Oleh : Hamni Azmi

Satu bulan ini, aku lebih sering melakukan perjalanan Tanah Bumbu-Banjarmasin. Yang biasanya hanya satu bulan sekali sesuai jadwal kunjungan ke Mas dan Kaka di pesantren. Ini sudah tiga kali bolak balik. Dengan keperluan yang berbeda-beda.

Dalam perjalanan aku sering mengamati bagaimana Si Dad mengendalikan panthernya. Kadang bisa begitu cepat sampai di tujuan, kadang ada hambatan yang mengakibatkan perjalanan terasa begitu lama.

Di jalan raya kita akan melihat banyak jenis kendaraan dari sepeda, motor, mobil, truk, bis, tronton. Dari yang kecil sampai kendaraan besar. Ada yang sederhana sampai kendaraan mewah. Yang beraneka macam.

Seperti kehidupan ini, ada bermacam jenis ujian yang diberikan Allah kepada manusia.

Di jalan raya kadang kita temui tronton atau truk gandeng. Yang jalannya hampir memenuhi setengah jalan raya. Rasanya tak ada kesempatan untuk bisa mendahuluinya.

Namun dengan konsentrasi penuh, dan strategi sang driver bisa mendahului tronton. Atau bisa saja tiba-tiba di jalur kanan jalanan sepi, dan di depan sang tronton pun kosong. Dan akhirnya dapat kita taklukkan dan mendahului si tronton.

Atau sebuah motor butut yang berjalan perlahan. Sehingga kita merasa bisa dengan mudah untuk mendahuluinya. Namun setiap kali berusaha mendahului, di depan sana selalu ada halangan yang membuat kita tidak bisa mendahuui motor butut tersebut.

Begitu pula dengan hidup ini. Kadang ada rintangan yang nampak begitu besar, sehingga membuat kita benar-benar fokus menaklukkan rintangan itu dan akhirnya kita berhasil menjadi pemenang. Atau Allah mudahkan jalan dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

Kadang hal-hal kecil yang kita sepelekan malah begitu susah untuk diselesaikan karena kita menganggap gampang permasalahan tersebut. Sehingga alhasil permasalahannya tidak bisa diselesaikan.

Pesan yang ingin disampaikan bahwa sebuah permasalahan sebesar atau sekecil apapun. Pada saat kita tidak benar-benar fokus menyelesaikannya, maka permasalahan itu pun tidak akan bisa selesai. Malah bisa menjadi permasalahan baru yang memusingkan.

Namun pada saat kita fokus berusaha menyelesaikannya. Maka permasalahan apapun baik besar maupun kecil. Kita pasti bisa mengatasinya.

Fokus dan konsentrasi di jalan raya akan mampu mengantarkan kita pada tujuan dengan cepat. Insya Allah.

Barakallahu fiikum

RumahMediaGrup/ Hamni Azmi

Sumber foto : koleksi pribadi