Jangan Takut Salah dalam Menulis

Jangan Takut Salah dalam Menulis

Menjadi penulis itu mudah. Ya, mudah. Tinggal menulis saja dan jadilah Anda seorang penulis.

Saya tidak sedang membicarakan penulis yang hebat. Saya hanya mengatakan menjadi penulis. Jadi mulailah menulis.

Penulis hebat, tidak serta merta menjadi hebat dengan satu kali menulis. Mereka yang hebat, pasti telah melalui jalan panjang. Jika Anda ingin hebat, tidak ada salahnya belajar dari mereka para sang hebat.

Saya bukanlah penulis hebat tapi saya akan berbagi apa yang saya alami ketika suatu saat saya harus memulai menulis. Berkali-kali saya mencoba menulis tapi tidak percaya diri dengan apa yang telah saya tulis. Saya memikirkan bahwa apa yang saya tulis masih salah. Saya tidak berani memublikasikannya walau di grup WhatsApp.

Berikut saya akan sampaikan tahapan apa yang saya lakukan sehingga saya berani menulis:

1. Membaca Referensi

Saya ingin sekali menulis berbagai genre tulisan tapi ada yang mengatakan bahwa jika ingin hebat maka fokus pada satu genre. Namun pendapat itu tidak saya lakukan, saya tetap mencoba beberapa genre.

Langkah awal yang saya coba adalah puisi. Saya bukanlah penyair hebat tapi saya mampu mengungkapkan apa yang saya ingin ungkapkan. Salah satu cara membangun keberanian saya adalah dengan membaca buku referensi puisi. Hal senada juga saya lakukan untuk genre lainnya. Jadi bacalah referensi agar Anda bisa belajar dari sumbernya.

2. Menjadi Anggota Komunitas Menulis

Selain membaca beberapa referensi yang mendukung tulisan, saya juga masuk ke dalam komunitas menulis. Di komunitas itu, saya temui di atas langit masih ada langit dan di bawah bumi masih ada bumi. Apa maksudnya? Ternyata kehebatan seseorang dalam menulis, masih ada lagi yang lebih hebat. Mereka memiliki kelebihan berbeda-beda. Saya merasa bukan penulis hebat tapi ternyata masih ada yang belum memulai menulis hingga saat ini.

3. Mulailah Menulis dan Jangan Takut Salah

Mulailah menulis dengan apa yang Anda bisa. Jangan berpura-pura bisa tapi tulislah apa yang benar-benar Anda bisa. Jangan takut salah. Tidak ada yang salah dalam menulis. Anda salah jika tidak menulis.

Tulisan yang baik adalah tulisan yang selesai. Tulisan yang tidak baik adalah tulisan yang tidak selesai. Jadi selesaikanlah tulisan Anda.

Rumahmediagrup/ saifulamri