Jeruk Sambal / Jeruk Limo: Tips  Dan Manfaatnya

Jeruk Sambal / Jeruk Limo: Tips  Dan Manfaatnya

Pagi ini teteh yang bantu-bantu di rumah membawakan sekantong tas kresek kecil penuh,  jeruk sambal atau yang dikenal dengan jeruk limo, karena lagi banyak buahnya di belakang rumahnya. 

Buat apa sebanyak ini ya…? karena urusan bikin sambal pun jarang ku pakaikan jeruk limo ini., maklum kami dari Jawa Timur, disana kurang populer pemakaian jeruk ini. Kalau di daerah Serang, irisan jeruk limo ini sangat sering dijumpai di sambel pecak, sambel pecak adalah sambel rebus untuk  pelengkap makan ikan bandeng bakar, yang merupakan khas daerah Serang. Akhirnya aku googling, cari manfaat jeruk limo yang imut dan sedap aromanya ini, beberapa manfaatnya, dan asal muasal jeruk ini. 

Jeruk limau ini tidak sama dengan jeruk purut apalagi jeruk nipis. Karena pada kenyataanya mereka adalah  jenis jeruk yang berbeda, Jeruk limau lebih kecil jika dibandingkan dengan jeruk purut dan jeruk nipis. Ukuran diameter jeruk sambal rata-rata sekitar 2 sampai cm, jeruk ini berasal dari daerah Betawi, suku Jawa dan suku sunda menyebutnya dengan jeruk limo, sementara orang melayu lebih mengenal jeruk ini dengan jeruk limau.

Jeruk Limau atau Jeruk sambal memiliki nama latin citrus amblycarpa, Jeruk sambal merupakan anggota marga citrus atau marga jeruk,  jeruk limau memiliki pohon berbentuk perdu kecil dengan tinggi 1- 2 m. buahnya berukuran kecil-kecil, yaitu berdiameter 2-3 cm. daun jeruk sambal atau jeruk limau ini merupakan daun majemuk, serta memiliki warna hijau, tipis dan beraroma wangi.

Bunga Jeruk sambal atau jeruk limau ini berwarna putih dan beraroma wangi. Buah Jeruk yang masih muda berwarna hijau semakin tua buah akan berubah warna menjadi kuning. Buah jeruk ini berkulit tebal, berkerut-kerut dan beraroma wangi. Daging buah jeruk sambal ini berwarna putih serta memiliki rasa asam.

Manfaat Jeruk Limau Untuk Kesehatan, Kebersihan Dan Kecantikan :

Mengobati penyakit diabetes

* Buatlah satu gelas minuman jus jeruk limau pada setiap pagi sebelum beraktifitas.
* Teman-teman juga bisa menambahkan sedikit gula untuk mengurangi rasa asam jeruk limau.
* Jus jeruk limau dipercaya dapat menyeimbangkan kadar gula dalam darah sehingga membantu proses penyembuhan penyakit kencing manis atau diabetes.

Untuk membersihkan noda

* Piring atau alat-alat dapur lainnya sangat sulit dibersihkan bila dipergunakan untuk makanan yang berlemak.
* Kandungan minyak pada lemak itulah yang membuat piring dkk sulit dibersihkan.
* Nah jeruk limau berperan untuk mengatasi hal itu, cukup dengan dengan tiga sendok makan jus jeruk limau bisa digunakan untuk mencuci piring.
* Teman-teman juga bisa menambahkan sedikit detergen pada jus jeruk limau tersebut.

Untuk mencerahkan kulit wajah

* Untuk mengangkat atau menghilangkan sel kulit mati atau noda pada kulit wajah, teman-teman bisa menggunakan jus jeruk limau dipadu dengan madu 1 sdm, garam 2 sdm, dan 3 sdm minyak pijat jeruk.
* Tuangkan semua bahan di sebuah wadah lalu campurkan. Gunakan untuk memijat wajah anda dengan gerakan memutar secara perlahan-lahan sampai rata.
* Biarkan sampai mengering, lalu bilas dengan air sampai bersih. 
* Kandungan vitamin C dari jus jeruk limau bermanfaat untuk meremajakan kulit wajah, sedangkan kandungan asam yang terdapat pada jeruk limau yang dipadu dengan garam bermanfaat  mengangkat sel kulit mati.

Selamat memanfaatkan jeruk limo semaksimal mungkin karena sedang musim berbuah banyak sekarang ini, dan kalaupun  beli di pasar juga tidak akan semahal ketika lagi tidak musim. Semoga bermanfaat.

sumber : https://berbagicahayailmu.blogspot.com/2014/08/manfaat-jeruk-limau-jeruk-sambal-untuk.html?m=1

rumahmediagrup/isnakuainr

2 comments

Comments are closed.