Jukut Ares Base Genep

Jukut Ares Base Genep

Batang pisang yang sudah dipotong biasa kita lihat dalam atraksi pertunjukan wayang kulit. Batang pisang atau gedebog itu dipakai untuk menancapkan wayang kulit yang dimainkan oleh dalang.

Batang pisang ini juga dimanfaatkan anak-anak untuk bermain. Membuat mobil-mobilan atau perahu dari batang pisang. Hanya sebatas itukah manfaatnya?

Mengutip dari Okezone yang melansir dari The Health Site, Sabtu (12/10/2019), menyebutkan manfaat dari gedebog pisang yaitu :

  1. Menurunkan berat badan

Kandungan serat batang pisang cukup tinggi, jadi saat mengkonsumsinya akan merasa kenyang. Kandungan serat yang tinggi ini juga dapat mengobati sembelit.

  1. Memerangi batu ginjal

Ada kandungan kalium dan sifat diuretik dari batang pisang dan dapat ditambah jeruk nipis yang mengandung asam sitrat dapat menghentikan pembentukan benjolan kalsium atau kristal dari ginjal.

  1. Mengobati infeksi saluran kemih (ISK)

Kandungan vitamin B6 dan kalium serta sifat diuretik membantu melawan ISK.

  1. Menjaga kadar gula darah

Jus batang pisang tidak mengandung gula dan indeks glikemik yang rendah. 

  1. Mencegah anemia. Batangpisang kaya akan zat besi dan vitamin B6 sehingga mampu meningkatkan hemoglobin dalam tubuh.

Itulah manfaat batang pisang bagi tubuh kita, jadi dapat dipastikan batang pisang aman untuk dikonsumsi.

Nah, untuk emak-emak bisa menyuguhkan sayur batang pisang ini dalam menu harian keluarga. Di Bali, selain masakan lawar, sayur gedebog pisang ini juga sangat disukai. Masyarakat menyebutnya Jukut Ares

Batang pisang yang biasanya dipakai untuk masakan ini dari jenis pisang batu atau pisang raja. Bagian yang dipakai adalah bagian yang terdalam, yang putih dan lemas. Lalu dipotong/diiris tipis-tipis, beri garam dan sedikit minyak untuk di remas-remas sampai lemas, kemudian dicuci di air mengalir. Siapkan minyak, tumis sebentar gedebog pisang yang sudah diremas tadi, angkat dari wajan.

Bumbu yang dipakai disebut base genep atau bumbu lengkap. Hampir semua empon-empon (bungkilan) dipakai. Jahe, laos,kencur,kunyit, ketumbar, bawang merah, bawang putih, cabe rawit, merica hitam. 

Semua bumbu dihaluskan, lalu ditumis. Tumisan bumbu dapat ditambahkan tulang atau irisan daging ayam, beri air sedikit. Setelah dirasa cukup matang, masukkan gedebog pisang (ares) tadi, dan masak hingga matang. Sajikan dengan kuahnya yang cukup pekat atau tanpa kuah.

Hhmmm pasti menggoyang lidah.

Saat inipun sedang viral kalau di Amerika banyak yang memanfaatkan batang pisang untuk dikonsumsi demi kesehatan dengan harga yang lumayan mahal dibandingkan bila kita membeli di sini, bahkan bisa mendapatkannya cuma-cuma. 

Jadi mari kita galakkan lagi, memasak makanan sehat yang bahannya tersedia tidak jauh dari lingkungan kita sendiri.

rumahmediagrup/hadiyatitriono