KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN DI NEGERIKU, KAPAN BERAKHIR???

KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN DI NEGERIKU, KAPAN BERAKHIR???

Oleh Puji Yuli

Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan hutan dan sumber daya alam. Indonesia juga pernah dijuluki sebagai paru paru dunia karena memiliki hutan yang luas untuk menampung oksigen maupun cadangan air. Sungguh negeri ini Laksana mutu manikam di zamrud khatulistiwa.

Tetapi, saat ini, negeri bumi pertiwi dilanda kebakaran hutan dan lahan yang semakin meluas di Provinsi Riau maupun di Kalimantan. Hal ini menimbulkan bencana kabut asap dan adanya wabah penyakit ispa. Sampai kapan kebakaran hutan dan lahan di negeriku akan berakhir???

Peristiwa kebakaran hutan dan lahan di negeri ini sungguh tragis. Karena ini berdampak pada kesehatan, pendidikan dan perekonomian bagi wilayah yang terdampak kebakaran hutan dan lahan terkait polusi kabut asap. Utamanya bagi daerah di Provinsi Riau maupun di Kalimantan. Sampai kapan kebakaran hutan dan lahan di negeriku akan berakhir???

Bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan itu merupakan ulah tangan jahat manusia. pelaku kebakaran hutan dan lahan oleh perorangan maupun perusahaan harus ditindak dengan sanksi yang tegas oleh negara karena merugikan masyarakat juga negeri ini. Selain itu, perlu adanya perhatian serius oleh negara bagi masyarakat korban polusi kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan baik bantuan logistik, obat obatan maupun kesehatan.

Oleh karena itu, perlu adanya perbaikan atas pengelolaan hutan itu oleh negara bukan oleh individu maupun swasta. Karena hutan itu termasuk kepemilikan umum rakyat negeri ini yang seharusnya dikelola oleh negara untuk digunakan kemakmuran rakyat. Semoga negeri ini bisa mengatasi bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan. Kapan kebakaran hutan dan lahan di negeriku akan berakhir???

Puji/rumahmedia