Kebersamaan

Oleh : Hamni Azmi

Hari Ahad adalah hari yang saya fokuskan untuk mengerjakan tugas di rumah. Dari ke pasar pagi hingga beberes di dapur.

Berbeda dari biasanya, karena hari ini anak-anak komplit kumpul di rumah. Personil lengkaplah. Si Mas dan Kaka lagi liburan sekolah, selama lebih kurang 12 harian di rumah.

Pulang dari pasar, semua menempatkan posisi masing-masing. Membereskan belanjaan, membersihkan ikan dan ayam, sayur, menyiapkan bumbu. Semua bekerja.

Biasanya, saya hanya bersama suami menyelesaikan semua pekerjaan ini. Karena memang kita hanya tinggal bertiga saja lagi di rumah.

Nikmat kebersamaan dapat dirasakan saat kita melalui yang namanya perpisahan. Saat tak lagi bersama, barulah terasa bahwa ada yang hilang di dalam hati.

Namun ini adalah sunnatullah, ada saat berkumpul, ada saat berpisah, ada saat bersama, ada saatnya pergi. Semua akan kita jalani satu persatu.

Dari awal menikah, saya dan suami sudah mempersiapkan hati bahwa tugas kita mendampingi anak-anak secara langsung hanya sampai kelas 6 SD. Selebihnya kami akan mengirim mereka ke sebuah lembaga yang akan memberikan segudang ilmu yang bermanfaat bagi mereka.

Apakah tidak berat melepas anak sekecil itu, belum baligh sudah harus hidup jauh dari kami?

Tentu sangat berat, bahkan sampai detik ini setiap kali berpisah dari Kaka Dhia yang sudah masuk tahun ke 5 nya di pondok, tetap saja Emaknya memandangi punggung sang putri hingga hilang menjauh.

Anak pertamakah, anak keduakah, anak keberapa pun, tetap saja perasaan berat itu ada. Melepas putri kecil kita, putra kecil kita jauh beratus kilometer, bahkan beribu kilometer.

Namun demi mendapatkan ilmu agama yang lebih baik, demi mendapatkan masa depan yang lebih baik, kami ihlas melepas mereka mengarungi samudera ilmu, menemukan kehidupan yang lebih bermakna di luar sana.

Kepada Allah saja menitipkan buah hati ini untuk dijaga, dilindungi, diselamatkan dari segala mara bahaya. Dan dilancarkan dalam menuntut ilmu. Insya allah.

Barakallahu lanaa wa lakum

Rumahmediagrup/ Hamni Azmi

Sumber foto : Koleksi Pribadi