KELUARGA DALAM DILEMA DI ERA LIBERALISME

KELUARGA DALAM DILEMA DI ERA LIBERALISME

Oleh Puji Yuli

“Jagalah dirimu dan keluarga mu dari api neraka”. Itu disebutkan jelas dalam ayat Alquran. Dimana itu sebagai petunjuk bagi manusia untuk menjaga dirinya dan keluarganya dari api neraka. Ayat ini menunjukkan arti pentingnya keluarga untuk membangun peradaban Islam Agar gemilang dan maju.

Keluarga merupakan bagian yang penting dalam masyarakat dan negara. Apabila anggota keluarga itu baik dan masyarakat itu baik maka negara itu akan menjadi baik juga bisa maju menuju peradaban gemilang. Keluarga itu minimal terdiri dari orang tua (bapak, ibu) dan anak. Dimana, peran orang tua itu sangatlah penting untuk mendidik anaknya menjadi generasi Qur’ani yang berakhlaqul karimah.

Keluarga yang sakinah, mawaddah warahmah saat ini sulit diwujudkan di era liberalisme. Dimana, keluarga itu mudah terpengaruh ide kebebasan berperilaku dan pergaulan bebas. Apalagi dengan maraknya perkembangan teknologi yang sulit untuk dikontrol . Maka keluarga itu akan mudah terpengaruh adanya pergaulan bebas, budaya KDRT maupun kekerasan seksual yang terjadi pada keluarga.

Oleh karena itulah ,perlu adanya pemahaman agama Islam dikalangan anggota keluarga. Hal ini perlu dilakukan agar bisa membentengi keluarga dari pengaruh liberalisme berupa pergaulan bebas juga narkoba. Selain itu, dengan ajaran Islam maka bisa tercapai keluarga sakinah mawaddah warahmah. Sehingga dengan keluarga yang berakhlaqul karimah itu bisa mencapai masyarakat yang baik dan negara yang berperadaban.

Puji Yuli /rumahmedia