Kembali Fitri – Ketika Jiwa Terlahir Kembali

Kembali Fitri – Ketika Jiwa Terlahir Kembali

Tak akan ada yang menyangka. Rena adalah seorang wanita berpendidikan tinggi, dari keluarga yang taat agama. Tapi bisa terjeblos juga ke dalam perbuatan yang dibenci Allah.

Rasa kesepian yang berkepanjangan membuat Rena terpedaya oleh bisikan-bisikan setan. Mencari pelampiasan hati. Melabuhkan perasaan dan menambatkan cinta pada seseorang yang salah.

Katakanlah: “Hai hamba-hambaKu yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Az Zumar: 53).

Ayat ini berisi seruan kepada setiap orang yang berbuat maksiat baik kekafiran dan lainnya untuk segera bertobat kepada Allah. Dijelaskan pula dalam ayat tersebut bahwa Allah akan mengampuni setiap dosa walaupun itu dosa kekufuran, kesyirikan, dan dosa besar (seperti zina, membunuh dan minum minuman keras). Maka janganlah seseorang berputus asa dari rahmat Allah walaupun begitu banyak dosa yang ia lakukan karena pintu tobat dan rahmat Allah begitu luas.

Apa sebenarnya dosa yang telah diperbuat Rena? Bagaimana perjalanan kisah cinta terlarangnya? Hingga mencapai titik balik yang menyadarkannya untuk segera bertobat.

***

Berangkat dari sebuah surat dalam Al-Quran:
Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari Sulbi mereka dan Allah Ta’ala mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman) “Bukankah Aku ini Tuhanmu?” mereka menjawab, “Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi” . (Kami lakukan yang demikian itu) agar pada hari kiamat kamu tidak mengatakan, “Sesungguhnya kami (Bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (Keesaan Tuhan)“. (QS. Al-A’raaf:172)

Janji janin kepada Allah adalah Keesaan terhadap Allah SWT. Hal ini disaksikan oleh Adam dan penduduk langit. Setelah terlahir ke dunia, kita tidak mengingat perjanjian itu karena fitrah manusia yang pelupa.

Terlahir kembali, berarti adalah momen saat manusia memutuskan untuk hijrah, kembali ke jalan yang benar, setelah sekian lama ingkar. Terlahir kembali mestinya bukan hanya ungkapan di bibir belaka, namun momen saat manusia sungguh-sungguh bertaubat dan menjalankan janji seperti tercatat dalam surat Al-A’raaf di atas. Kapankah momen kalian semua? Saat kejadian apakah?

***

Founder Rumah Media Grup, dua MA area Nubar, serta penulis-penulis terbaik dari grup Nubar area Sumatera berkumpul dalam satu proyek buku di event Nubar Sumatera. Menceritakan kisah-kisah terbaik jiwa yang terlahir kembali. Untuk memberikan inspirasi pada dunia.

Ketika Jiwa Terlahir Kembali. Event Nubar Sumatera di bulan Oktober yang kuikuti. Terdorong untuk ikut berpartisipasi karena melihat nama-nama penulis hebat yang mendaftarkan diri untuk mengikuti event tersebut.

Dengan tema, ‘manusia yang merasa seperti terlahir kembali setelah bertaubat’. Sebagai salah satu kontributor di dalamnya, aku berharap buku antologi ini bermanfaat. Menjadi jalan hidayah bagi banyak orang, serta menjadi tabungan amal jariyah bagi para penulis dan semua pihak yang terlibat di dalam pembuatannya. Aamiin.

rumahmediagrup/arsdiani