Kenikmatan Hakiki

Kenikmatan Hakiki

Nikmat rasa yang hadir saat panen durian dari kebun sendiri adalah kenikmatan sesungguhnya, terutama bagi penikmat durian, seperti saya.

Buah yang bentuknya bundar, berkulit tebal dan berduri ini memiliki bau yang tajam. Siapapun nggak akan ada yang bisa sembunyi ketika sedang menikmatinya. Bahkan, ketika kita sudah selesai makan durian, baunya saja melekat awet di jemari. Dari sampah kulitnya pun masih bisa tercium wangi.

Daging buah durian yang tumbuh di lahan milik orang tua ini jenis lokal, dagingnya berwarna putih dan rasanya manis. Buahnya memang tidak terlalu besar, karena tumbuh alami tanpa bantuan pupuk kimia dan tanpa perawatan khusus. Saat ini sedang musim panen, setiap hari ada saja buah yang jatuh. Nah, jika sudah jatuh akan lebih nikmat jika diperam dulu beberapa hari, tidak langsung dimakan. Rasanya akan lebih legit dengan aroma yang tajam.

Walaupun nikmatnya tiada tara, mengonsumsi durian tidak boleh berlebihan, ya. Durian itu buah yang memiliki kandungan karbohidrat dan gula yang cukup banyak. Makanya untuk penderita diabetes, sebaiknya pikir dua kali untuk makan buah ini. Kadar kalori dalam satu biji buah durian, juga tinggi. Dia akan meningkatkan metabolisme tubuh, setelah menikmati durian, badan akan terasa panas karena suhu tubuh meningkat.

Sama halnya dengan yang memiliki penyakit pada lambung, buah durian ini akan menghasilkan kadar asam lambung. Daging buah yang matang akan mengalami fermentasi di lambung menjadi alkohol. Sehingga untuk yang berpenyakit maag, setelah mengonsumsi durian berlebih, biasanya akan merasa kembung, mual dan pusing bahkan bisa mengalami gangguan pencernaan hingga mabuk durian.

Bagaimana dengan yang memiliki riwayat hipertensi? Kadar alkoholnya bisa meningkatkan tekanan darah. Sehingga detak jantung menjadi lebih cepat. Waspadalah terhadap serangan jantung!

Durian mengandung kolesterol? Tentu tidak. Tidak ada kandungan kolesterol dalam buah ini. Justru buah ini memiliki kandungan lemak jenuh tunggal yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di tubuh kita. Vitamin C dan B di buah durian, cukup tinggi, loh.

Harga durian itu selangit. betul juga, sih. Umumnya di kota besar satu buah durian dibandrol harga 20.000 – 35.000 rupiah ukuran sedang. Kalau di supermarket, pasti beda lagi harga dan jenisnya, dijual pun perkilo dengan menimbang bersama kulitnya. Jadi, bisa puas menikmati durian tanpa harus membeli, inilah yang disebut kenikmatan hakiki buat saya.

rumahmediagrup/gitalaksmi

3 comments

Comments are closed.