Ketika hujan yang turun seumpama ilmu yang di berikan untuk ujian

Bagaimanapun kita sangat bersyukur merasakan senang dengan turunnya hujan di saat musim penghujan ini.

Namun jangan kaget, karena ujian yang sedang menjamur pun di kalangan anak didik ternyata sangat menoreh berbagai perasaan yang terasa begitu membara apalagi bagi mereka yang belum siap melaksanakan ujian.

Alasan belum menghapal, tidah paham pembelajaran yang sudah di berikan guru, bahkan ada yang jatuh sakit gara-gara mau ujian di sekolah. Malah stress bertambah.

Lucu memang, bukankah seharusnya siswa penuh dengan kesiapan kapanpun akan di ujikan semua soal pembelajaran yang telah dibahas sebelumnya oleh para guru di sekolah.

Memang semua siswa tidak sama cara belajar atau berpikirnya, mereka mengikuti mood hatinya masing-masing. Kita simak yu, tipe siswa yang akan melaksanakan ujian di sekolah.

Menurut pemikiran seorang penulis buku “Bikin Belajar Selezat Coklat” Fatan Fantastik, bahwa Rasulullah berkata : ada 3 jenis tanah di bumi ini yang akan menerima hujan. Ini di ibaratkan ilmu yang kita terima seperti apa yaaa? 🤔😁

○ada tanah yang dapat menerima air hujan itu dengan baik. Maka akan banyak tumbuh pula di sekitarnya tanaman-tanama lainnya, karena menandakan kalau tanah itu subur.
○ ada pula yang tanahnya sekedar keras, tetapi masih bisa menampung air hujan yang turun, bahkan bisa ada yang memanfaatkan air hujan itu yang telah tertampung tadi. Bisa untuk pengairan ke sawah ladang, atau bahkan untuk di minum setelah di proses.
○ada yang tanahnya bersifat berbatu. Di sini tanah tidak menyerap air hujan bahkan juga tidak dapat menampung sedikitpun. Padahal air hujan turun teramat deras, tapi tidak termanfaatkan kenyang yang sia-sia, mubadzir itu namanya.

Nah,, sudah jelaskan kalo yang kebanyakan suka dengan memubadzirkan ilmu itu bagai bumi di beri hujan yang kurang dimanfaatkan, bahkan dibiarkan mengalir semaunya air hujan kemana mengalir.

Sekedar memberi ingat, kalau kita terhadap ilmu itu harus bisa mendapatkan dan mampu memanfaatkan bukan hanya untuk diri sendiri tetapi juga dapat berguna untuk yag lain.

Pict : google share