Kongkow Cerdas: Aki Maja dan Kong Usman

Awaaaasss Hipnotis..!!!

Beberapa orang lagi jajan di warung kopi. Mereka semuanya ngobrolin hipnotis. Kong Usman dan Aki Maja juga nimbrung ngopi disitu. Warung Mpok Jenong saban pagi selalu rame didatengin pengunjung. Sebabnya dia jualan banyak makanan gurih plus murah meriah dan nasi uduk semur jengkolnya; ajib. Emang lagi rame dan heboh diberitain di koran, redio maupun di tivi. Banyak orang kena hipnotis nyang katanya bikin korban kaga sadarin diri kemudian dipretelin sampe harta bendanya ludes setelah itu dibiarin sampe kleyengannya hilang. Setelah sadar baru korban tahu semua hartanya hilang.

      Kong Usman nyomot kue jalabia nyang ketiga.

      “Karang mah kita kudu ati-ati, banyak penjahat nyang gunain elmu hipnotis buat nyuri barang berharga. Terutama buat lu, Nong..”, seloroh Kong Usman membuat Mpok Jenong julingin matanya kaget.

      “Apa urusannya sama ane, Kong?”, Jenong mendelik.

      “Lu kan empuan, lu jualan, duit luh pasti ada. Bisa jadi aja luh jadi inceran penjahat hipnotis. Makanya gue pesen ama luh kudu waspada. Gitu doang”, lanjut Kong Usman sambil nyengir, padahal giginya juga tinggal dua.

      “Oh gitu, Kong. Kalo gitu mah makasih, Kong”, sahut Jenong seneng.

      “Tumben luh idep, Kong. Bisa nasehatin orang. Emang luh kaga takut kena hipnotis juga?”, Ki Maja nyindirin. Kong Usman nyengir. Kue jalabia masih ngejubel dimulutnya.

      “Apa nyang dia mau ambil dari gue? Gue kan cuman aki-aki?” sahutnya.

      “Siapa tahu aja ada penjahat nyang mau culik luh karena liat luh antik buat ditaroh di museum, hehehe..”, Ki Maja ngikik.

      “Sompret luh, Ki. Emang dikira gue ini patung arca apah?”, kong Usman keki.

Ki Maja cuek pura-pura budeg. Atau emang budeg beneran. Ki Maja nyuap terakhir nasi uduknya. Kemudian minum kopi pahit nyang kentel. Gak lama terdengar suara atob eeeeeuuuuuuggghhh. Kong Usman nutup hidung, bau atob sendawa Ki Maja nyang abis ngunyah jengkol berasa bau got Bantar Gebang. Sembriwing.

      “Jangan-jangan banyak penjahat hipnotis gara-gara dia nyontoh nyang sering muncul di tivi. Luh tau, ada kan acara tivi nyang nampilin hipnotis…siapa tuh orangnya?”, Kong Usman mulai ngomong lagi.

      “ Master Romy Rafael, maksud luh Kong?”, tanya Ki Maja nimpalin.

      “Bukan. Ada lagi nyang laen”, sambung Kong Usman makin kepo dan penasaran karena dia lupa.

      Ki Maja ngomong précis di telinga Kong Usman, “ Oh maksud luh Deddy Corbuzier yah?”. Kong Usman makin bingung. “ Uya Kuya yah?”, kata Ki Maja lagi lebih nyanter. Kong Usman nyaris kebudegan kupingnya. Dia ngusap-ngusap kupingnya. Pleng…ada suara begitu digendang telinganya.

      “Gila luh, pengang banget!!!”, makinya pada Ki Maja nyang ketawa ngakak. Ki Maja nyoba baekin Kong Usman dengan ngambilin kue jalabia nyang ke empat. Kong Usman nyantap kue jabaia lagi. Padahal giginya nyang ompong sangat sulit ngunyah tapi dipaksain, katanya: nyang penting rasanya bung!

      “Nah…kita pan punya banyak ahli hipnotis seperti nyang luh sebutin tadi tuh. Mereka kan buat ngibur penonton bukan buat nyolong. Tapi dasar aja banyak nyang bisa elmu hipnotis buat kejahatan. Mereka itu nyang keblinger..”, cerita Kong Usman panjang lebar. Dia coba nguyup kopi, barusan dia ampir keselek jalabia.

      “Eh iya, kong ngapah kaga kita manfaatin aja orang-orang nyang bisa hipnotis buat bantuin Polisi ama KPK interogasi para koruptor dan penjahat. Pan bisa lebih gampang dan gak butuh waktu nyang lama ngorek keterangan dari mulutnya”, kata Ki Maja ngeluarin idenya.

      “Betul juga luh Ki. Kalo para koruptor dan penjahat dihipnotis dan disiarin di tivi seru kali yah? Orang- orang semua bisa pada nonton dan tau akal busuknya para koruptor dan penjahat. Ngapain ribet kudu diinterogasi, kudu ditakut-takutin, kudu disundutin, kudu dibentak, kudu digaplok, kudu disetrum…pan kalo dihipnotis cukup palingan lima menit juga kelar..”, tambah Kong Usman pinternya mendadak datang.

      “Bener Kong. Ajuin aja ke tivi sekalian bikin acara hipnotis koruptor hehehe”, Jenong nimpalin sambil ketawa ngakak. “ Ngaku..ngaku…ayo ngaku…”, lanjutnya sambil nyanyiin lagu nyang kaya di tivi.

      “Pasti seru…siapa tau di siarin di tivi Bekasi hehehe..”, kelakar Kong Usman sambil bangun dari duduk. Ngelangkahi bangku semata. Kemudian dia rampa-rempe kantongnya. Aduh..dompetnya kaga ada.

      “Kenapa, Kong?”, tanya Jenong mulai curiga.

      “Yaaaahh..dompet gue ilang? Gimana nih, Nong? Jangan-jangan ada nyang hipnotis gue nih?”, Kong Usman matanya liatin semua orang nyang ada di warung. Kemudian Kong Usman nyengir. “Gue ngutang yah, Nong”, sambungnya sambil ngeloyor pergi.

      “Dasar Kong Usman banyak bangat akalnya…ketempuan lagi dah gue..”, Jenong tepak jidatnya pusing.

Ki Maja berdiri dan mau pergi. Jenong buru-buru cegat. “Eh..Aki kudu bayar dulu baru boleh pegih!”, ketus Jenong rada ngancam. Jenong kapok ketipu lagi.

      “ Tenang Nong, pasti gue bayar. Orang dompet gue juga tebel..” Ki Maja keluarin dompet, buka dompet nyang isinya bejubel duit warnaya merah, cepean rebu.

      “Duit Aki banyak amat, dompet siapa tuh, Ki?”, tanya Jenong. “Sekalian bayarin utang Kong Usman ya, Ki!”, sambung Jenong lagi.

      “Tenang aja luh mah, Nong. Nih..kembalinya buat luh aja. Tapi luh jangan bilang Kong Usman yah kalo dompetnya gue pinjem hehehe..”, kata Ki Maja sambil pergi nyusul Kong Usman buat balikin dompetnya.

      “Dasar Aki ama Engkong..tua juga lagunya masih banyak, set dah”, Jenong kegirangan dibayar seratus rebu. Hahahaiiiii.***

Majayus Irone/Budayawan/Rumediagrup.com/Cerpen