Kopi Instan

Kopi Instan

Ritual minum kopi di keluarga saya itu dua kali, sarapan pagi dan sore hari. Kalau sore, pasti setelah masuk waktu asar, makanya sering disebut kopi asar. Semua kakak, adik dan kedua orang tua termasuk saya adalah pecandu kopi. Rasanya tidak pernah melewatkan satu hari pun tanpa menikmati si hitam pekat.

Dulu, saya bukan penikmat kopi hitam, hanya mau kopi yang ada campuran susu atau krimer. Setelah diperkenalkan oleh suami berbagai macam jenis kopi dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan suami sendiri yang mempraktekkan beberapa teknik menyeduhnya, saya jadi terbiasa menikmati kopi hitam.

Kalau lagi kumpul di mana saja, kopi apapun akan kami nikmati bersama. Inilah yang membuat semakin nikmat. Kebersamaan. Mau kopi racikan yang berproses dari mulai menggiling biji kopi, menakar, menimbang, hingga menyeduh, atau kopi instan yang tinggal sobek bungkus, tuang dalam cangkir langsung seduh begitu saja, tidak masalah. Tetap enak, walau sensasi rasanya berbeda.

Jaman sekarang banyak pilihan kopi instan, mau dengan campuran susu atau krimer tersedia dengan beragam merk. Kopi instan dengan ampas atau yang bebas ampas, itu pilihan selera. Bahkan kini ada kopi dengan tambahan rempah herbal, contohnya jintan hitam, dikenal juga dengan habbatussauda.

Salah satu kandungan yang ada pada jintan hitam adalah mengandung minyak asiri. Manfaatnya bisa mengatasi gangguan pencernaan. Oleh karena itu, jintan hitam biasa digunakan untuk campuran obat herbal. Salah satunya obat sakit perut.

Bagi sebagian orang, setelah minum kopi biasanya muncul gangguan pada lambung. Rasanya kembung, banyak gas dalam perut karena asam lambung meningkat. Dengan adanya jintan hitam pada kopi instan, bisa menjadi alternatif pilihan bagi yang ingin menikmati kopi tetapi takut merasakan sakit pada lambung.

Kopi instan habbatussauda ini memiliki rasa yang unik sekaligus enak. Pahit kopinya tak bisa disembunyikan, tetapi pas. Begitu juga dengan manisnya gula yang tidak berlebihan. Bisa dikatakan seimbang dengan rasa kopi juga krimernya. Bagaimana dengan jintan hitamnya? Hmm… memberikan efek rasa hangat mengalir di sirkulasi darah dalam tubuh. Buat saya, kopi instan ini masuk dalam daftar pilihan kopi tanpa ampas yang sehat.

rumahmediagrup/gitalaksmi

One comment

Comments are closed.