Kriteria Istri Idaman

Kriteria Istri Idaman

Istri adalah sekolah pertama bagi anak-anaknya. Ialah penentu sebuah generasi beriman atau generasi yang tak mengenal Tuhan.

Nabi Muhammad shallallahu alayhi wa sallam bersabda ” Perempuan itu dinikahi karena empat perkara, karena hartanya, kehormatannya, kecantikannya dan agamanya. Maka pilihlah perempuan karena agamanya niscaya engkau tidak akan celaka.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Rumah tangga adalah ibadah terlama. Sudah seharusnya menikah bukan hanya karena jatuh cinta tapi karena kebaikan akhlak dan agamanya.

Diriwayatkan dari Abdullah bin ‘Amr, bahwa Nabi shallallahu alayhi wa sallam bersapda ” Janganlah kalian menikahi seorang perempuan karena kecantikannya, barangkali kecantikannya akan menghancurkannya. Janganlah menikahi seorang perempuan karena hartanya, barangkali hartanya akan membuatnya sombong. Namun nikahilah perempuan karena agamanya, sungguh seorang budak hitam lagi cacat (telinga dan hidung) yang mempunyai agama lebih utama (daripada perempuan cantik tidak beragama).” (HR. Thabrani dan Baihaqi)

Dia yang shalihah akan mencintaimu karena Allah. Dia yang mencintaimu karena Allah akan memuliakanmu. Tatkala marah, ia tak akan meninggikan suaranya. Tatkala ia temui keburukanmu, ia tak akan mengumbar aibmu. Tatkala engkau membuat hatinya terluka, ia tak akan menghinakanmu. Ia akan tetap menjadi istri yang nurut lan patuh kepada suami. Ia akan tetap mengabdi pada tuannya. Baginya, cinta bukan lagi pengorbanan tapi pengabdian.

Menikah tidak harus karena engkau mencintainya, tapi menikahlah berdasarkan agama yang ada pada dirinya. Untuk itu, tidak perlu terburu-buru. Jangan sampai pada saat sudah berumah tangga penuh sesal.

Untukmu yang masih menanti kekasih hati. Siapkan saja ilmunya. Percayalah, orang baik akan Allah pertemukan dengan orang baik pula. Jodoh adalah cerminan diri. Bila saat ini engkau sedang sibuk memperbaiki diri, sibuk menyiapkan ilmu rumah tangga. Semoga jodohmu pun sama. Sama-sama sedang memantaskan diri untuk kau pinang agar kalian menjadi sepasang suami istri yang saling mencintai karena Allahu Rabbi.

Rumahmediagrup/Vita