Anggeboy

Sebenarnya entah apalah aslinya ini nama makanan jenis kuliner asoy dari Jawa barat. Bahan yang tidak jauh berbeda dari adonan roti atau donat namun di dalamnya ada pisang yang telah matang di selipkan. Kemudian digoreng dengan taburan gula p

asir yang menyatu.

Biasanya lebih lembut dan wangi ketika dinikmati. Teman minum teh atau kopi sekalipun akan semakin membuat hari menjadi cerah merasakan nikmat sensasi dari gula pasir yang ikut digoreng pada penyajiannya.

Rasa manis yang cukup dan pas untuk di konsumsi membuat para emak-emak milenial menjatuhkan pilihan pada jenis makanan ini. Untuk disajikan di pagi hari atau bahkan sore disaat santai bersama keluarga.

Awal saya bahkan para masyarakat sekitar memanggil nama jenis kuliner ini anggeboy, karena cukup unik, lantaran si penjual yang notabene seorang ibu biasa menjajakannya dengan berjalan “ngageboy” pelan namun pasti, dengan teriakan suara nyaring jelasnya “anggebooooyyy, … anggengoooooy,… anggengoooooy”, maka orang di sekitar desa ini menyebut jenis makanan ini sebagai anggeboy.

Meski sekarang di pasar tradisional pun telah ada dan banyak di jual pedagang makanan kecil, dan yang paling laku dijual ke masyarakat.

Penikmatnya pun orang-orang di segala tingkat kelas ekonomi, baik itu rendah, menengah maupun kelas atas. Harga yang relatif sangat-sangat terjangkau, makanan sehat dengan sajian yang lembut ini pun membuat orang akan terus mencari makanan yang satu ini.

O, iya dari bahan saya rasa cukup simpel atau minim banyak dijumpai di pasar atau supermarket juga. Mulai dari tepung terigu, margarine, telur, pisang matang, air dandan minyak untuk menggoreng.

Kita juga bisa dengan mudah membuatnya di rumah tanpa takut bahan yang digunakan tidak sesuai kehalalannya ya, karena pastinya akan lebih aman jikalau kita dapat mengolahnya secara sehat dan bisa lebih dinikmati keluarga di rumah.

Jangan takut untuk berkreasi ya, bisa juga mengganti isian pisang dengan variasi yang lain tentunya sesuai keinginan kita.

Bisa dengan isian kacang hijau, ketan hitam, atau apapun yang sekiranya sesuai selera yang ingin kita makan.

One comment

Comments are closed.