Kunjungan Edukasi

Kunjungan Edukasi merupakan salah satu program belajar yang ada di sekolah kami. Kunjungan edukasi menjadi saat yang paling ditunggu oleh siswa. Mereka akan selalu bertanya, “Kapan kita kunjed Bu?”

Tujuan dari kunjungan edukasi tersebut adalah mendekatkan siswa pada sumber belajar. Memberikan pengalaman belajar secara langsung. Siswa juga mendapatkan media belajar baru.

Siswa antusias mengamati secara langsung obyek belajar. Mereka mengerjakan lembar kerja yang harus diisi. Kemudian membuat resume tentang apa yang telah diamati.

Belajar tidak hanya bisa dilakukan di dalam kelas. Namun belajar bisa juga dilakukan di luar kelas. Hal ini berdampak positif, baik terhadap anak didik maupun guru itu sendiri.

Pembelajaran akan lebih bermakna. Hal ini akan tersimpan dalam memory jangka panjang mereka. Dan akan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Belajar di luar kelas, membuat siswa semangat dalam belajar. Sehingga materi yang telah mereka dapatkan akan mudah diingat. Proses pembelajaran lebih menyenangkan bagi siswa maupun guru sendiri.

Agar pelaksanaan kunjungan edukasi berjalan dengan lancar, aturan harus dibuat. Membuat aturan sebaiknya melibatkan siswa. Hal ini diharapkan siswa lebih tertib dan taat aturan.

Memberi aturan yang kuat diawal kunjungan edukasi penting dilakukan. Hal ini untuk meminimalisir kejadian yang tak diinginkan terjadi. Konsekwensi dari melanggar aturan juga harus disosialisasikan.

Perencanaan yang matang akan membuat kegiatan kunjungan edukasi sukses. Semua harus terlibat secara aktif. Komunikasi yang baik sangat diperlukan.

Sumber foto : koleksi pribadi

rumahmediagrup/ She’scafajar