Langkah Cerdas di Bulan Ramadan Saat Covid-19

Langkah Cerdas di Bulan Ramadan Saat Covid-19

Assalamualaikum w. w. Sahabat yang dirahmati Allah Swt. Amin.

Beberapa hari lagi, Ramadan akan tiba. Kali ini, kita mungkin akan melaluinya di saat Covid-19 mewabah. Bagaimana cara cerdas menyikapinya.

Bergembiralah dengan datangnya bulan Ramadan. Sebagaimana firman Allah Swt yang artinya:

“Katakanlah dengan kurnia Allah dan rahmat-Nya hendaklah dengan itu mereka gembira. Kurnia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan.” (Q.S. Yunus [10]: 58).

Perbanyaklah amalan ibadah saat Ramadan. Allah Swt akan mengganjar dengan pahala yang berlipat ganda. Sebagaimana hadis berikut:

“Wahai sekalian manusia telah datang pada kalian bulan yang mulia. Di bulan itu terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan. Puasanya dijadikan sebagai satu kewajiban. Salat malamnya adalah suatu amalan sunah. Siapa yang melakukan kebaikan pada bulan tersebut seperti ia melakukan kewajiban di waktu lainnya. Siapa yang melakukan kewajiban pada bulan tersebut seperti menunaikan tujuh puluh kewajiban. ” (H. R. Mahamili dalam Al-Amali 5:50 dan Ibu Khuzaimah dalam hadis ini munkar seperti dalam sahihnya 1887).

Pada tahun-tahun sebelumnya, kita memperbanyak ibadah di bulan Ramadan dengan menghidupkan masjid. Namun saat ini, kita dapat memperbanyak ibadah di rumah masing-masing. Menghindari keramaian dan jaga jarak dapat memutus penyebaran Covid-19.

Berwudulah agar selalu dalam keadaan suci. Niatkan wudu kita dalam rangka ibadah kepada Allah Swt. Selain beribadah, berwudu juga membersihkan segala hal termasuk Covid-19. Berwudu lebih dari sekadar mencuci tangan sebagaimana anjuran WHO.

Apalagi langkah cerdas lainnya? Bersahur dan berbuka dengan makanan halal, sehat, dan bergizi. Dengan mengkonsumsi makanan tersebut maka dapat menyehatkan tubuh. Dengan demikian terlindungi dari tertularnya Covid-19.

Selanjutnya, tetaplah berpikir jernih dan tenang. Pikiran yang seperti ini akan memperkuat imunitas tubuh. Sehingga terhindar dari Covid-19.

Demikianlah langkah-langkah cerdas yang dapat kita lakukan di bulan Ramadan walau dalam suasana pendemi Covid-19. Semoga bermanfaat. Amin.

rumediagrup/saifulamri

One comment

Comments are closed.