Lelahnya Belajar

::Lelahnya Belajar::

Dalam kitab Ta’lim Muta’allim disebutkan apa saja yang harus disiapkan oleh seorang pembelajar.

Ada 6 hal yang mau tidak mau harus dilewati oleh para penuntut ilmu. Menurut Syaikh Az-Zarnuji di dalam kitabnya Ta’limul Muta’allim menuliskan sebuah syair dari Sayyidina ‘Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu., dua bait syair itu berbunyi:

اَلا لاَ تَناَلُ اْلعِلْمَ إِلاَّ بِسِتَّةٍ سَأُنْبِيْكَ عَنْ مَجْمُوْعِهَا بِبَيَانٍ

ذَكاَءٍ وَحِرْصٍ وَاصْطِباَرٍ وَبُلْغَةٍ وَإِرْشَادِ أُسْتَاذٍ وَطُوْلِ زَمَانٍ

Enam hal tersebut yaitu, kecerdasan, kemauan, sabar, biaya, bimbingan guru dan waktu yang lama.

Selain harus memiliki kecerdasan dan kemauan, maka sabar juga harus ada di dalamnya. Orang yang tak sabar tak mungkin bisa sampai pada sempurnanya ilmu.

Yang tidak kalah penting juga harus mau mengeluarkan harta untuk bisa sampai pada tujuan. Harta atau biaya yang dikeluarkan oleh para penuntut ilmu memang tak harus dari kocek pribadi, tapi biaya memang mutlak diperlukan. Untuk datang ke Majlis ilmu kita mungkin perlu berkendara, dan tidak serta-merta mendapatkan suatu ilmu dengan percuma. Meskipun sang guru tidak meminta bayaran, alangkah eloknya sebagai pembelajar memperhatikan kebutuhan sang guru.

Dua yang terakhir tak boleh lengah, memang belajar tak harus ke sekolah. Tetapi seorang penuntut ilmu harus memiliki guru. Guru yang membimbingnya agar tak salah melangkah dan bersikap.

Belajar seperti dikatakan dalam sebuah hadis bahwa sepanjang hayat kita diharuskan belajar. Ilmu yang didapat dengan instan akan lekas pula ia menguap lalu hilang. Maka jangan pernah ada kata bosan dalam belajar.

Bersyukurlah para penuntut ilmu, yang masih bisa bertemu dengan para guru. Bersabarlah dalam lelahnya belajar, karena kehidupan itu tak semudah kita masak mie instan.

Yakinlah bahwa cita-citamu akan tercapai salah satunya karena keridhoan guru.

Sembah sujud ta^zhim untuk semua guru yang telah memberi keridhoannya kepada saya selama belajar.

Untuk semua guru dari sejak kecil hingga saat ini. Semoga Allah memberikan keberkahan dalam kehidupanmu.

rumahmediagroup/afafaulia18