Just Look Up and Down for a Better Life

Masih dalam rangka menggerakkan pikiran dan hati untuk tetap mengalir, meski badan makin mengembang akibat terlalu banyak diam tak mendapat liburan jalan-jalan. Eeeh..

Ketawa sedikit bolehlah, karena tidak ada yang melarang bukan. Asal jangan ketawa yang membuat orang merasa dibullying saja.

Kemana sebenarnya alur ceritaku hati ini. Hanya tetap sekedar berbagi tahu, bukan berarti aku tahu segalanya.

Di sini aku masih terpaku dengan berbagi hal pemikiran yang membutuhkan jutaan ilmu agar tetap bisa menjalani hidup sesuai aturan yang benar menurut-Nya.

Ya, look up and down adalah salah satu cara agar hidup semakin bermakna. Bagaimana tidak, kita harus terus belajar sepanjang hidup, maka akan terbuka segala ketidaktahuan itu.

Look up, bisa diartikan kita harus bisa melihat ke atas, ketika kita merasakan kekurangan dalam suatu hal.

Maka lihatlah ke atas artinya melihat mereka yang berada di posisi serba ada, serba mengetahui. Bagaimana mereka melakukan pencapaian sejauh itu.

Lihat bagaimana mereka bertindak, bersikap, menjalani aktifitas bermanfaat bagi orang banyak.

Dapat kita mengambil pelajaran atau i’tibar dari orang-orang yang paham tentang ilmu-ilmu agama sekaligus ilmu kehidupan.

Mengambil contoh terhadap mereka, maka akan memacu kita bersegera melakukan perubahan ke arah lebih baik itu, dalam segala hal.

Bukankah dalam setiap hidup manusia ingin melakukan perubahan ke arah lebih baik? Maka lihatlah ke atas sama artinya dengan mencontoh apa yang dilakukan mereka yang ilmunya di atas kita, sehingga kitapun dapat memahami bagaimana orang-orang itu dapat mencapai capaian yang lebih baik dalam hal kebenaran.

Look down. Di sini kita pun bisa mengambil pelajaran. Agar kita selalu melihat ke bawah terhadap orang-orang yang serba kekurangan dalam segala hal. Membuat kita semakin bersemangat juga melakukan inovasi dalam hidup.

Baik tentang ilmu atau kehidupan mereka setiap hari. Kenapa mereka bisa serba kesulitan seperti itu misalnya.

Nah, dengan kita melihat ke atas dan ke bawah inilah, maka hidup kita akan semakin penuh bermakna.

Dengan mengetahui apapun kelebihan atau kekurangan mereka di mata kita, jadikan itu sebagai tangkapan positif untuk dipraktekan dalam menjalani takdir yang ada, supaya tetap memberi arti sebagai pelajaran hidup.

Foto : dokumentasi pribadi