MAKHLUK NANOMETER YANG MENGGEMPARKAN DUNIA

Makhluk Nanomater yang Menggemparkan Dunia

Sejarah akan mencatat bahwa kita pernah berada dalam kondisi yang tidak stabil. Kehadiran makhluk dengan ukuran nanometer yang menjadi buah bibir masyarakat dunia itu bernama Corona atau COVID 19, mendadak viral ke penjuru dunia hingga Indonesia. Sejak Desember 2019 makhluk ukuran nano ini terkonfirmasi menyebar tembus 168 negara (Kompas.com/ Rabu 25 Maret 2020)  Hadirnya, penyebaranya bukanlah kuasa manusia. Itu adalah ketetapan yang telah Allah tentukan. Kita tidak bisa memilih menolak yang bisa adalah menerimanya kemudian masuk pada ranah ikhtiar.

Benarlah bahwa manusia adalah makhluk lemah tak berdaya. Tak sepantasnya tak tunduk pada Pencipta, tak tunduk pada seluruh aturanNya dan tak pantas untuk angkuh berjalan di bumi ini. Tak pantas juga mengkriminalisasi ajaran dariNya karena pada makhluk nano ciptaan Allah ini saja kita manusia tak berdaya. Allah sedang menguji kita. Dalam menyikapi ujian sebagai seorang muslim adalah tawakal ikhtiar tawakal lagi serta sabar dalam menghadapinya.

Bayangkan! jika keadaan ini berjalan terlalu lama pola hidup kita akan berubah, rumah menjadi tempat paling nyaman dan aman buat kita tinggal. Sementara kehidupan tetap harus berjalan, ada rasa lapar, haus yang harus dipenuhi. Ada nafkah yang harus dipenuhi kepala keluarga. Keimanan harus semakin mengkristal karena keadaan sudah tak sama, bisa jadi tak semudah dulu. Banyak perubahan dalam tatanan dunia, sekarang berbagai aktivitas tak seperti sebelum wabah. Saat ini metode belajar sudah berubah, kita butuh lebih banyak quota dan butuh jaringan internet yang memadai. Gaya bekerja juga daring (dalam jaringan). Yaps! meski tak semua pekerjaan bisa dengan cara ini, masih banyak para pejuang nafkah yang tetap memilih keluar untuk memenuhi kehidupan mereka.

Kita tidak pernah tau, mungkin saja Allah sedang mempersiapkan kita untuk menghadapi zaman yang beda. Zaman yang kita tidak pernah tau apalagi yang akan kita hadapi, mengingat status kita hanya seorang musafir di dunia ini. Kita hanya bisa mempersiapkan diri dengan segala kemungkinan yang ada. Kala Allah berkehendak tak akan ada yang mampu menghindar. Jabatan tinggi seolah tak terturunkan akan lenyap, harta yang berlimpah akan segera mengering, kesombongan dan keangkuhan akan hilang sekejap.

Hanya perpaduan antara iman dan kecerdasan sebagai amunisi dalam menghadapi semua keadaan ini. Semoga Allah beri kita kekuatan dalam menghadapinya dan segera Allah sudahi ujian ini ketika Ramadhan datang menjelang.

Sudah saatnya kita kembali pada aturan Allah yang Kaffah!

rumahmediagrup/firafaradillah