MANUSIA

MANUSIA

Oleh Puji Yuli

Manusia merupakan makhluk ciptaan Allah SWT yang paling sempurna di alam semesta ini. Kesempurnaan manusia itu bisa dilihat dari potensi yang dimilikinya. Dimana manusia itu memiliki potensi kehidupan berupa kebutuhan jasmani naluri dan akal. Dengan potensi itu diharapkan manusia mampu melestarikan alam semesta ini sesuai aturan Allah SWT agar bisa mulia dan bahagia.

Manusia adalah makhluk individu dan makhluk sosial. Manusia itu tidak bisa hidup sendiri di alam semesta ini tanpa adanya bantuan dari manusia maupun makhluk hidup lainnya seperti hewan dan tumbuhan. Manusia itu bisa mulia kalau menggunakan akal nya secara efektif dan sesuai dengan aturan Allah SWT yang tercantum dalam Alquran dan Assunnah.

Manusia, itu bisa terhina dan derajatnya lebih rendah daripada binatang alias hewan apabila dalam menjalani hidup ini tidak menggunakan akalnya sesuai dengan aturan Allah SWT. Sebagai contoh saja, hewan itu tidak akan tega membunuh anaknya maupun hewan itu selalu berpasangan antara jantan dan betina dalam berkembang biak. Tetapi manusia itu bisa kejam membunuh anaknya lewat aborsi . Selain itu, manusia itu akan melakukan homoseksual maupun lesbi alias hubungan seks sesama jenis.

Hal itu bisa terjadi apabila manusia tidak menggunakan potensi akal yang dimiliki secara tepat sesuai dengan aturan Allah SWT yang ada dalam Alquran dan Assunnah. Manusia itu bisa belajar dari potensi kehidupan yang dimiliki untuk bisa mulia dan sempurna. Ingatlah bahwa manusia itu lemah dan terbatas dan tentunya membutuhkan manusia lainnya untuk sukses bahagia dunia akhirat. Oleh karena itulah, kita sebagai manusia jangan sombong menolak kebenaran Islam. Dimana Islam itu sebagai rahmat bagi alam semesta jika mau menundukkan potensi akalnya sesuai petunjuk aturan Allah SWT sebagai pencipta dan pengatur alam semesta .

Puji Yuli /rumahmedia