Ayo Kita Lebih Mengenal Profesi Seorang Pustakawan

Di jaman serba milenial sekarang, kita semua tentu mengenal sebuah profesi yang bisa saja di anggap terbelakang karena maaf agak di kesampingkan. Khususnya bagi mereka

pihak-pihak yang kurang bertanggungjawab.

Namun saya di sini hanya sekedar memberikan sebuah opini yang mengarahkan agar mata kita terbuka tentang profesi seorang pustakawan.

Di sini profesi pustakawan memberikan banyak penjelasan bahwa ini merupakan sebuah pekerjaan profesional dan berkembang dengan cepat seperti profesi lainnya.

Pekerjaan seorang pustakawan sebagai salah satu profesi yang bisa dikatakan sangat penting dan bagaimana peranannya di era teknologi informasi dan komunikasi pada saat sekarang.

Kenapa dikatakan profesional ini dikarenakan seseorang melaksanakan profesinya dengan mengikuti norma serta standar profesi.

Ada istilah lain yaitu profesionalisme ini lebih kepada menunjukan ide gagasan, aliran, isme yang tentu saja memiliki tujuan untuk mengembangkan profesi supaya profesi dilakukan oleh seorang profesional serta menginduk atau melihat kepada norma, standar pun kode etik dan mampu memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen dalam hal ini pemustaka.

Sebagai pengetahuan tambahan bahwa tentu akan terlihat ciri-ciri dari seseorang yang memiliki profesionalisme. Diantaranya :
○memiliki sikap lebih mandiri berdasar kepada sebuah keyakinan akan kemampuan diri dan tentu juga sangat terbuka memperhatikan atau menghargai pandangan orang lain, tetapi tetap cermat apabila memilih yang terbaik bagi pribadi dan perkembangan dirinya.
○memiliki sikap yang melihat ke masa depan sehingga mempunyai kemampuan mengantisipasi dalam kemajuan di lingkungan ke depannya.
○mengerti dengan ilmu dan segala pengalaman serta kepandaian dalam memandang sebuah permasalahan serta juga bisa sangat peka dalam berbagai situasi, cepat, tepat dan cermat menentukan keputusan yang terbaik.
○memiliki keterampilan yang lumayan tinggi dalam suatu bidang tertentu serta yang terpenting juga dapat memanfaatkan peralatan tertentu yang dibutuhkan dalam pengerjaan tugasnya dalam bidang tersebut.

Nah, seorang pustakawan dapat disebut sebagai seorang profesional itu apabila memiliki keyakinan sudah memiliki kemampuan dan tanggapan pustakawan itu sendiriterhadap profesi dan jasa yang di persembahkan, serta pandangan dalam masyarakat itu sendiri terhadap seorang pustakawan.

sumber : BMP PUST4207 Profesi PUSTAKAWAN. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka, 2015.