Market Day

Berwirausaha menjadi salah satu materi life skill yang diajarkan di sekolah. Mengenalkan dan mengajarkan anak berwirausaha sedini mungkin agar mereka mempunyai jiwa usaha.

Mulai dari proses merencanakan, apa yang akan mereka buat atau kerjakan agar menghasilkan uang, bagaimana memasarkannya, dan yang lebih penting adalah mengumpulkan modal awal .

Siswa diajarkan menyisihkan uang jajannya setiap minggu sebesar 5000 ribu selama kurang lebih 2 bulan. Setelah terkumpul dibentuklah kelompok-kelompok. Masing-masing kelompok merencanakan makanan atau minuman apa yang akan mereka jual di acara Market Day tersebut.

Melibatkan wali murid diperlukan agar program sekolah ini dapat berjalan dengan lancar. Biasanya para mama akan ikut mempromosikan acara Market Day ini di grup-grup sosial media mereka.

Setelah siswa menentukan apa yang akan mereka jual di Market Day, mereka kemudian akan promosi ke kelas-kelas. Menawarkan apa saja yang akan mereka jual disertai dengan harga yang tentunya murah.

Saat Market Day halaman sekolah akan disulap menjadi area pasar jajanan. Para pengunjung dan pembeli tumpah ruah memenuhi halaman sekolah. Para penjual akan melayani setiap pembeli dengan ramah. Harus bersabar karena yang melayani adalah siswa SD.

Semua siswa terlibat aktif, mereka belajar bertanggungjawab terhadap tugasnya sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat bersama teman. Peran wali kelas sebagai mentor turut mengawasi dan membimbing siswa.

Saat Market Day makanan dan minuman yang dijajakan akan habis terjual, tiba saatnya menghitung keuntungan. Mengajarkan siswa agar menghitung pendapatan dengan cermat dan teliti. Sebagian siswa merapikan tempat dan membersihkan area lapangan.

Meskipun lelah namun ada raut bahagia saat mereka menghitung pendapat dan ternyata keuntungan yang didapat lumayan. Dengan adanya kegiatan Market Day banyak nilai dan karakter yang bisa diajarkan pada siswa kerjasama tim, peduli, bertanggungjawab, hormat, sabar dan kerja keras serta percaya diri.

Sumber Foto : Koleksi Pribadi

rumahmediagrup/She’scafajar