Masa Nifas dan Pemulihan Ibu Pasca Melahirkan

Masa Nifas dan Pemulihan Ibu Pasca Melahirkan

Setelah proses persalinan usai, tiba saatnya bagi rahim untuk menjalani pemulihan diri. Proses ‘pembersihan diri’ ini dikenal dengan masa nifas. Biasanya berlangsung 40 hari. Pada masa nifas, tubuh akan melakukan penyesuaian untuk kembali pada kondisi tubuh sebelum hamil.

Ada banyak hal yang terjadi selama masa nifas, salah satunya keluarnya cairan lokia dari vagina. Selama masa nifas, vagina akan terus-menerus mengeluarkan darah. Darah tersebut mengandung trombosit, sel-sel mati (nekrosis), serta sel-sel dinding rahim (endometrium), yang disebut lokia.

Berbeda dengan darah menstruasi, volume cairan lokia lebih banyak. Hal ini normal karena keluarnya lokia dari vagina merupakan cara tubuh ‘membersihkan’ lapisan rahim dan darah persalinan. Ibu pasca melahirkan akan mengalami empat tahapan perubahan lokia dalam masa nifas ini, dibedakan dari warna, bau dan kekentalannya :

1. Merah segar (lokia lubra). Tahap pertama ini akan berlangsung selama tiga hari pertama setelah melahirkan. Darah yang keluar berwarna merah segar dan mengandung banyak kuman. Selama tiga hari, darah yang keluar berasal dari sisa plasenta, sel lemak janin, rambut janin dan kotoran janin.
2. Merah dan berlendir (lokia sanguinolenta). Untuk tahapan kedua ini biasanya berlangsung selama satu hingga dua minggu.
3. Kuning kecoklatan lalu merah muda (lokia serosa). Cairan yang berwarna seperti ini biasanya mulai keluar sejak dua minggu hingga satu bulan setelah melahirkan. Lokia serosa berisi serpihan jaringan dari dalam rahim, sel darah merah, sel darah putih, serta sisa lendir mulut rahim.
4. Kekuningan lalu bening (lokia alba). Merupakan tahap terakhir nifas pada minggu keempat hingga minggu keenam.

Cairan lokia disebut abnormal jika :
– Darah yang keluar berupa gumpalan besar darah beku yang ukurannya lebih besar dari bola golf
– Sering ganti pembalut dalam satu jam
– Mengeluarkan bau tak sedap
– Rasa sakit pada area luka bekas jahit
– Ibu mengalami demam atau menggigil kedinginan

Selama masa nifas, ibu bukan hanya bertugas merawat si kecil. Namun juga harus merawat tubuh dan diri sendiri, termasuk merawat area vagina. Bagi sebagian perempuan, membersihkan jahitan perineum terasa menakutkan. Singkirkan rasa takut, karena jika tidak dirawat akan berakibat infeksi kuman.

Untuk membersihkan area luka jahitan dan mengganti pembalut, biasakan mencuci tangan dengan sabun terlebih dahulu. Gantilah pembalut secara teratur dan hindari pemakaian tampon. Karena selama masa nifas, rahim masih dalam kondisi terbuka dan rentan terhadap bakteri.

Seminggu pasca melahirkan hindari melakukan aktivitas berat sekalipun ibu merasa baik-baik saja. Beristirahatlah secukupnya. Tingginya aktivitas pasca melahirkan akan berpengaruh pada jumlah cairan lokia yang keluar.

Setelah melahirkan, ibu dapat merasa sangat lelah dan merasa nyeri. Tubuh umumnya membutuhkan waktu selama 6-8 minggu untuk pulih. Dan kemungkinan membutuhkan waktu lebih lama lagi jika melahirkan secara caesar.

Ibu akan merasa sangat lelah pada hari-hari awal setelah melahirkan. Berjalan atau bergerak pun terasa seperti melakukan pekerjaan yang berat. Oleh karena itu, lakukan perawatan pasca melahirkan berikut ini agar cepat pulih :

• Minta bantuan anggota keluarga lainnya untuk melakukan pekerjaan rumah.
• Minta anggota keluarga lainnya untuk membantu dalam mengurus keperluan Anda dan bayi.
• Tidurlah ketika bayi sedang tidur agar Anda pun cukup beristirahat.
• Penuhi kebutuhan cairan dan menambah asupan cairan selama Anda dalam masa menyusui.
• Penuhi kebutuhan gizi dan energi selama masa nifas untuk pemulihan, dan juga untuk mencukupi kebutuhan ASI.
• Konsumsi makanan berserat dan cukup minum air putih untuk melancarkan pencernaan dan mempermudah buang air besar
• Sesekali luangkan waktu untuk berjalan-jalan keluar rumah, agar bisa mendapatkan suasana baru dan mengurangi stres akibat kelelahan.
• Pakailah losion atau krim khusus untuk memudarkan stretch mark.
• Bila kaki Anda bengkak, posisikan kaki lebih tinggi untuk mengurangi bengkak.
• Rutin periksa ke dokter untuk memantau kesehatan pasca melahirkan.
• Komunikasikan pada teman atau keluarga apabila Anda mengalami kesedihan pasca melahirkan (baby blues). Jika rasa sedih masih ada setelah lewat dari dua minggu, Anda dianjurkan berkonsultasi kepada dokter.

Pada dasarnya, perawatan pada masa nifas difokuskan agar kondisi ibu tetap sehat. Baik secara fisik maupun mental. Manfaatkan masa ini untuk memulihkan diri, menguatkan ikatan dengan bayi Anda, dan mengatur rutinitas untuk merawat bayi.

Semoga lekas pulih, Bu ❤

rumahmediagrup/arsdiani