Sop Dengkul ala-ala Bu AL, yang Bikin Segar Body

Tepat pukul 20.20 wib malam tadi, waktu yang tepat buat istirahat gaes. Tapi apa mau dikata, rasa syukur tiba-tiba terucapkan. Setelah adikku Tryana menawarkan “dengkul” sapi untuk diberikan sebagian, agar bisa dimakan aku dan anak-anak.

Bisa dibayangkan, kalau setiap hari makan tahu dan tempe, tentu ingin sekali-kali menyantap makanan yang lebih menyegarkan.

Ups.. apa lebih memberi lemak ya?! Xixixi..

Setelah tabrak ini itu di dapurku, aku mulai mengolah “dengkul” yang sudah matang. Tinggal menambahkan sayuran wortel dan pelengkap lainnya.

Resep paling gampang yang ada di dunia ini. Siapapun bisa dengan cepat membuat SOP ala-ala Bu AL ini loh.

Bahan tambahan yang dibutuhkan antara lain satu buah wortel; bawang putih untuk diuleni dengan garam secukupnya.

Untuk garam sesuai takaran kehendak kita, mau asin banget juga terserah ya, asal jangan sampai terlalu keasinan.

Penyedap rasa kalau suka, gula pasir sedikit saja. Daun bawang plus seledri yang diiris 1-2 cm sesuai selera juga. Satu buah tomat.

Jangan lupa, goreng bawang sebagai bahan taburan ya gaes. Eh, kelupaan. Tambahkan juga lada, agar tambah asoy itu Sop dengkulnya.

Setelah semua mendidih, dalam air yang ditakar satu panci kecil atau besar, kurang lebih 15-20 menit, sop siap disantap.

Untuk dengkulnya, terlebih dahulu dididihkan lebih lama ya gaes, biar empuk dulu.

Nah, selesai deh acara masaknya. Sop dengkul-pun siap dihidangkan dengan nasi. Ditambah kerupuk, asli sah saja. Sebagai penyemangat dikala makan.

Tak disangka, Nanas-pun bisa makan dengan lahap. Sop dengkul yang bikin body segar ini, disponsori oleh tangan ciamik, disertai rasa cinta yang ikhlas dari hati. Eaaaa…

Ayo, gaes. Ini kan hari Minggu. Boleh dicoba resep sederhananya ya. Agar semua bisa belajar memasak juga untuk seluruh anggota keluarga.

Tetap sehat dan segar dengan asupan makanan resep sederhana. Yang penting, menggunakan ramuan kasih sayang untuk kita semua. Salam sehat selalu!

Foto : dokumentasi pribadi