MEMBANGUN SEMANGAT PERSATUAN BANGSA

MEMBANGUN SEMANGGAT PERSATUAN BANGSA

Oleh Puji Yuli

Bulan Agustus ini identik dengan bulan kemerdekaan Indonesia yang penuh semangat persatuan dan kesatuan bangsa. Dimana pada tanggal 17 Agustus 1945 bangsa ini telah merdeka dari penjajahan Belanda maupun penjajahan Jepang. Hal ini karena adanya semangat persatuan dan kesatuan bangsa yang berjuang untuk mengusir penjajah dari bumi nusantara yaitu Indonesia.

Atas berkat rahmat Allah SWT bangsa ini mampu mengusir penjajah. Dengan semangat persatuan, kesatuan dengan landasan keimanan dan ketakwaan para pejuang maupun para pahlawan dalam pertempuran melawan penjajah. Maka bangsa ini bisa merdeka dan bisa bersatu padu mewujudkan persatuan dan kesatuan nusantara yang beragam suku, budaya dan agama.

Tetapi, di bulan Agustus ini ada gejolak tanah Papua yang lagi memanas. Hal ini tentunya bisa mempengaruhi semangat persatuan dan kesatuan bangsa. Oleh karena itulah, gejolak di tanah Papua ini perlu segera diatasi oleh negara dengan dicarikan solusi terbaik secara tepat dan akurat dengan semangat persatuan dan kesatuan bangsa. Hal ini harus dilakukan agar bumi nusantara ini bisa maju dan bermartabat.

Semangat persatuan dan kesatuan bangsa itu diperlukan dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Seperti pada pembukaan UUD 1945 yaitu kemerdekaan negeri ini diperoleh atas berkat rahmat Allah SWT yang Maha Kuasa. Sehingga kita bisa membangun semangat persatuan dan kesatuan bangsa dengan dasar keimanan dan ketakwaan.

Puji Yuli /rumahmedia