Mencipta Rasa

Mencipta Rasa

Semangat Senin!
Masak apa hari ini?
Saya masak tumis sayur siomak dan teri pedas.

Hari Senin itu hari ‘mager’ buat saya, loh! Nggak usah ditiru, ya.
Karena, berakhir pekan di rumah itu, kegiatannya justru lebih sibuk bergulat dengan peralatan dapur dibandingkan dengan hari biasa. Masak dengan menu yang berbeda untuk sarapan, makan siang dilanjut makan malam. Belum lagi harus ada makanan selingan. Makanya, hari Senin saya isi waktunya dengan kegiatan santai.

Beruntungnya, orang-orang di rumah lebih suka masakan sederhana. Bagi kami kalau ada tumisan sayur dan sambal, makannya pasti lahap. Lauk lainnya bisa bervariasi. Goreng tahu atau goreng tempe, jadi. Ikan goreng atau ayam goreng, dinikmati.

Tetapi yang lebih penting adalah saya bisa masak. Walaupun, saya tidak bisa membedakan rasa bumbu yang tercampur dalam satu masakan.

Serius!

Coba test saya untuk mencicipi masakan. Pasti, saya hanya bisa menjawab kurang garam, kurang gula, kurang asam, atau kurang gurih. Rasa lain yang bisa saya paham adalah pahit dan pedas.

Ada yang tahu beda rasa bawang putih atau bawang merah di dalam masakan? Ada yang bisa membedakan rempah apa yang dipakai di bumbu gulai? Atau, bagaimana rasa ketumbar kalau sudah tercampur dengan merica di hidangan?

Saya, nggak tahu bedanya!

Saya tahu bumbu gulai, karena bisa baca resepnya. Tetapi jangan ditanya, rempah dan bumbu dapur apa yang terasa kurang dalam gulai tersebut. Karena, saya hanya bisa mencipta rasa gulai dari perpaduan rasa garam dan gurihnya saja.

Mencipta rasa, hanya itu andalan saya dalam mengolah hidangan untuk keluarga. Percayalah, apapun hidangan yang dibuat untuk keluarga, mereka akan selalu siap memujinya.

Setiap anak pasti bilang, “Masakan mama saya paling enak!”
Suami bisa saja bilang, “Saya rindu masakan istri di rumah!”

Jangan sedih karena nggak bisa bikin masakan lezat yang beraneka ragam. Karena, setiap rasa yang tercipta akan menemukan jodoh bagi lidah penggemarnya.

Dgt
Ruang kreasi, 190819

#Nubar
#NulisBareng
#Level2
#BerkreasiLewatAksara
#Menulismengabadikankebaikan
#Week3
#RNB60

Sumber : https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10215610262196144&id=1428597814

rumahmediagrup/gitalaksmi