Mengelola Rasa Minder

Perasaan minder ditandai dengan merasa diri sendiri banyak kekurangan dibanding orang lain. Hilangnya rasa percaya diri apalagi jika melakukan suatu kegagalan. Biasanya akan diekspresikan secara langsung maupun tidak langsung.

Manusiawi jika setiap orang mempunyai rasa minder. Masalahnya beberapa orang ternyata mengelola rasa minder dengan cara yang salah, sehingga kehidupan dan kesuksesannya terhambat oleh rasa minder itu.

Sebenarnya minder adalah perasaan alami yang dimiliki oleh siapapun. Diberikan oleh Allah SWT agar manusia tidak terlalu percaya diri. Namun kadarnya berbeda, tergantung bagaimana menyikapinya.

Selama melakukan hal yang benar dan halal, sebenarnya tidak ada alasan untuk merasa minder. Rasa minder biasanya muncul jika belum berhasil melakukan sesuatu yang diharapkan. Kalaupun belum mampu melakukan sesuatu, sebaiknya bisa belajar dulu.

Berikut beberapa cara mengelola rasa minder ala saya :

  1. Bersyukur dengan keadaan diri sendiri
  2. Berprasangka baik terhadap diri sendiri dan orang lain.
  3. Menghargai diri sendiri meskipun prestasi yang diraih kecil.
  4. Bergaul dengan teman yang selalu mendukung, menyemangati dan menghargai.
  5. Berani mencoba sesuatu yang baru.
  6. Jangan takut gagal.
  7. Senantiasa meningkatkan kemampuan dan pengetahuan.

***

Sampai detik inipun kadang rasa minder sering menghampiri. Senantiasa berusaha sekuat tenaga. Mencoba menata hati agar tak takut gagal. Bersabar dan menikmati prosesnya menjadi orang yang lebih percaya diri.

“Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman.” QS Ali Imran : 139

Sumber foto : Koleksi pribadi

rumahmediagrup/ She’scafajar

2 comments

Comments are closed.