Menikmati Kehamilan

Menikmati Kehamilan

ha·mil v mengandung janin dalam rahim karena sel telur dibuahi oleh spermatozoa
(https://kbbi.web.id/hamil.html)

Kehamilan, bermula dari dua garis yang membahagiakan. Lalu dimulailah fase-fase panjang yang penuh perjuangan. Berbagai keluhan satu-persatu mulai dirasakan. Namun bagaimanapun, kehamilan tetap selalu dirindukan.

Selama masa kehamilan, tubuh akan mengalami beberapa perubahan yang signifikan. Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormonal dalam diri ibu hamil. Bagi calon ibu yang sedang mengandung anak pertama, perubahan-perubahan yang terjadi pada tubuh bisa menimbulkan rasa cemas. Sedangkan calon ibu yang sudah pernah mengalami kehamilan sebelumnya biasanya akan lebih santai menghadapinya.

Masa kehamilan dibagi menjadi 3 fase. Fase ini dikenal dengan istilah ‘Trimester’. Trimester pertama (usia kehamilan 0-12 minggu) merupakan fase penting bagi ibu hamil dan janinnya.

Pada fase ini, tubuh sedang mempersiapkan diri untuk sembilan bulan ke depan. Banyak perubahan hormonal yang terjadi sebagai tahap perubahan saat hamil sehingga memicu ketidak-stabilan emosi. Timbul perasaan lelah, kurang bertenaga dan kurang bersemangat di masa 1-2 bulan awal kehamilan. Gejala mual-mual juga sering muncul pada fase ini, yang terburuk biasanya pada usia kehamilan antara 8 sampai 12 minggu.

Trimester kedua (usia kehamilan 13-25 minggu) merupakan fase terbaik bagi ibu hamil, karena fase ini tubuh terasa lebih sehat. Pada trimester kedua ini, ibu hamil sudah terbebas dari rasa lelah dan mual. Ketidak-nyamanan yang muncul pada fase ini di antaranya berupa kulit kering di sekitar perut, yang menimbulkan rasa gatal.

Jika digaruk bagian yang gatal tersebut dapat menyisakan stretch mark, tanda bekas garukan yang akan berbekas di kulit permukaan perut. Untuk menjaga kelembaban dan elastisitas perut yang semakin mengembang, disarankan untuk mengoleskan pelembab berupa body lotion atau body cream. Keluhan lain yang juga mulai dirasakan pada fase ini adalah perut kembung serta pembengkakan kaki.

Pada trimester ketiga (usia kehamilan 26-40 minggu), janin dalam rahim sudah mengalami kenaikan tiga perempat dari berat semula. Selama fase ini, ibu hamil akan terus mengalami kenaikan berat badan yang signifikan, sekitar 1 kg per minggu. Kondisi perut yang semakin membesar mempengaruhi keseimbangan tubuh.

Kondisi ini juga menyebabkan ibu hamil mengalami keluhan-keluhan seperti sakit punggung, sakit pinggang dan panggul, kaki bengkak, varises, sakit di pangkal paha, sesak nafas serta kelelahan. Keluhan tersebut bisa dikurangi dengan istirahat yang cukup. Serta melakukan latihan ringan, memakai baju dan alas kaki yang nyaman.

Meskipun bercampur-aduk yang dirasa selama melalui fase-fase kehamilan. Namun insyaAllah berujung kebahagiaan saat menyaksikan sang buah hati terlahir ke dunia. Akan segera sirna segala lelah saat tubuh mungil dan wajah lucunya mendarat dalam pelukan.

Untuk ibu hamil yang sedang membaca tulisan ini, mari nikmati masa kehamilan dengan penuh sukacita dan kebahagiaan. Teriring doa agar Allah senantiasa berikan kesehatan. Kelancaran dan kemudahan selama kehamilan hingga nanti tiba saatnya persalinan. Aamiin.

Ditulis ulang dari :
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10157944247197847&id=748347846

rumahmediagrup/arsdiani