Kesehatan Itu Penting Teman

Biasanya sakit yang sering terjadi, terutama pada remaja atau wanita yaitu anemia. Biasa dipandang sebagai gejala kurang darah.

Kalau saya menyebutnya menyebabkan faktor 5L yang dirasakan. Mungkin karena setiap wanita mengalami masa menstruasi yang rutin setiap bulan.

Namun hal itu sepertinya jangan dijadikan suatu alasan. Karena justru bukankah menstruasi itu hal yang menyehatkan bagi wanita. Selama periodenya benar serta tidak ada keluhan.

Lemah, Letih, Lesu, Lemas, Lunglay, merupakan kosakata yang hampir sama artinya, bahkan bisa dibilang sama, terjadi saat anemia terjadi.

Keadaan dimana kondisi tubuh sedang lemah dan tidak fit. Meski penyebabnya bisa beragam, namun salah satu halnya yaitu kekurangan zat besi. Hal ini harus disikapi dengan sangat baik.

Dengan mengatur pola makan dan nilai gizi seimbang tentu menjadi suatu keharusan. Supaya tubuhpun tetap bisa bergerak bebas dan sehat tentunya.

Kembali ke Anemia tadi, banyak terjadi pada kalangan remaja putri dan wanita. Hal ini harus segera mendapatkan pencerahan agar diusahakan dampaknya tidak terlalu buruk.

Kenapa Anemia bisa terjadi? Ini bisa dikarenakan :
1. Ketika seorang secara rutin mengalami menstruasi pastinya proses pengeluaran darah kotor yang banyak,bisa menyebabkan gejala tersebut.
2. Biasanya suasana hati akan menimbulkan kecemasan. Dan gejala anemia sudah pasti menghampiri. Jangan sampai nutrisi gizi tidak tercukupi ya teman. Agar kesehatan tetap terjaga.

Nah, sudah bisa mengetahui kenapa bisa timbul anemia bukan? Maka jalan keluar ang bisa kita usahakan yaitu jangan sampai kekurangan zat besi, dan perbanyak makanan yang bergizi tentunya.

Foto : dokumentasi pribadi
sumber : Remaja Sehat Itu Keren. Kemendikbud RI 2019.