5 Cara Mudah Menyimpan Ide tulisan

5 Cara Mudah Menyimpan Ide Tulisan

Ada yang pernah mengalami, pada saat ide muncul, bingung mau menyimpannya di mana? Padahal sedang ada di luar rumah atau sedang disibukkan dengan pekerjaan/aktivitas. Kali ini, saya akan memberikan tips mudah menyimpan ide.

Kebayang kan, pada saat ide tiba-tiba muncul berterbangan di atas kepala. Pada saat itu, ide yang muncul tiba-tiba adalah ide yang luar biasa, loh. Sayang kalau dibiarkan begitu saja. Tapi …, saat ide muncul di kepala, kita belum siap menulisnya, dikarenakan sedang dalam keadaan direpotkan dengan pekerjaan/aktivitas utama kita. Nah, saya akan memberitahukan beberapa trik menyimpan ide tulisan dengan mudah. Di antaranya;

1. Siapkan media penyimpanan ide tulisan. Yaitu; notebook mini/buku catatan kecil yang bisa masuk ke kantong baju. Jika tidak ada, bisa diganti dengan smartphone.

2. Saat ide muncul, langsung dituliskan pada media penyimpanan (buku catatan kecil/smartphone).

3. Tuliskan hal-hal inti saja dari yang terlintas di pikiran. Jika sudah memiliki waktu luang, jabarkan ide yang sudah dituliskan.

4. Tulis sebanyak-banyaknya ide yang terlintas. Jangan dibatasi dan pilah-pilih.

5. Jika tidak ada waktu luang menulis, setidaknya salin ide tulisan di buku catatan atau smartphone ke bank naskah di laptop/PC. Setelah ada kesempatan menulis, bisa dikembangkan ide yang telah tersimpan. Buku catatan kecil bisa saja hilang atau basah dan sobek, smartphone bisa rusak dan terkena virus. Jika sudah dipindahkan ke laptop/PC, ide yang sudah muncul akan tetap aman selama harddisk tidak rusak/terkena virus komputer.

Itulah setitik ilmu untuk mengikat ide tulisan, semoga bermanfaat bagi para pembaca semuannya.

rumahmediagrup/alfafa

Tinggalkan Balasan