Modus

“Hoek, hoekk!”
Sedari tadi Juminten hanya bisa berbaring di tempat tidur saja. Wajahnya kuyu dan pucat, lemas kelelahan muntah.

“Mas e, kepalaku pusing.”

“Ya sudah rebahan saja, biar pekerjaan rumah aku yang beresin.”

“Minta tolong aku di kerokin Mas, tapi kerokannya pakai gelang emas bu Lurah.”

“Jum, kamu itu kalau ngidam mbok jangan yang aneh-aneh. Aku terus nanti ngomongnya sama bu Lurah gimana, ojo ngisin-ngisin to Jum.”

“Walah Mas, suami kalau gak mau nurutin istrinya yang lagi hamil bisa kualat.”

“Ya gak lah, gak ada dalilnya. Ngidam itu cuma mitos saja, jangan dijadikan alasan. Kalau yang wajar sih boleh tapi yang gak wajar itu yang menyusahkan. Contohnya saat kamu hamil pertama dulu, minta dibelikan pesawat tempur alasannya biar anaknya bisa jadi panglima perang TNI. Itu sangat nganeh-nganehi, wong pesawat telepon saja gak punya kok minta pesawat tempur.”

“Tapi terus gak jadi to Mas, wong aku keguguran saat itu.”

“Terus yang kedua lagi, pas waktu kita berdua belanja di pasar. Tiba-tiba kamu ngidam pingin nyolek gundul plontosnya bakul ikan asin, dan itupun tanpa permisi.”

“Tapi terus gak jadi lagi to Mas, wong aku keguguran lagi saat itu.”

“Makanya, kalau ngidam itu mendingan yang bener saja, misalnya ngidam hafalin quran kek, atau ngidam mijitin suami tiap hari malah nambah pahala.”

“Wis to Mas, aku ini lagi hamil. Lagi meriang, merindukan kasih sayang. Terus aku kudu sambatang nang sopo kalau gak kepada suamiku sendiri? Kalau gak mau ya sudah, biar kurasakan penderitaan ini sendiri.” Bibir monyong Juminten sudah maju sepuluh senti.

“Dan ini yang terpenting, rambutmu yang kriwul itu segera diribonding, biar aku gak mual kalau ngelihatnya. Kalau misalnya emakku masih hidup, pasti beliau akan manjain aku. Gak seperti sekarang.”

“Sudahlah Jum, orang yang sudah meninggal jangan disebut. Justru harus dikirimi doa biar adem kuburnya. Wis, kamu istirahat dulu. Aku mau cari rumput buat Clara bersaudara, keburu siang.”

rumahmedia/lellyhapsari

Sumber gambar: boombastis.com

One comment

Comments are closed.