MUHARRAM, BULAN HIJRAH

MUHARRAM, BULAN HIJRAH

Oleh Puji Yuli

Saat ini kita mulai masuk bulan Muharram. Bulan ini identik dengan bulan hijrah. Dimana pada bulan Muharram ini adanya peristiwa hijrah yang dilakukan oleh Rasulullah Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah dengan membawa misi untuk mendakwahkan Islam kepada manusia. Yaitu Islam sebagai pandangan hidup bagi manusia agar bisa selamat dan bahagia dunia akhirat.

Pada bulan Muharram ini menjadi momentum untuk hijrah menjadi lebih baik dan terikat dengan syariat Islam yang bersumber dari Alquran maupun hadis. Hijrah merupakan proses perubahan dari perbuatan maksiat menuju perbuatan yang baik dan berakhlaqul karimah sesuai dengan tuntunan Alquran. Hijrah mendakwahkan Islam itu perlu perjuangan dan pengorbanan dari kaum muslimin berupa harta, tenaga, waktu bahkan jiwa.

Kalau kita lihat bahwa Rasulullah Muhammad SAW mengalami kesulitan dan jalan buntu pada saat melakukan dakwah di Makkah. Maka dari itu, Rasulullah SAW beriktiar dengan dibimbing oleh wahyu dari Allah SWT melakukan hijrah ke Madinah dalam rangka dakwah Islam Agar Islam bisa menjadi rahmat bagi untuk manusia.

Oleh karena itulah, saat ini kita sebagai umat Islam perlu mengenang dan meneladani proses hijrah yang dilakukan oleh Rasulullah Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah. Dimana Rasulullah Muhammad SAW melakukan dakwah kepada masyarakat bahwa Islam sebagai pedoman hidup bagi manusia agar selamat dan bahagia di dunia dan akhirat. Dimana Islam harus dijadikan rujukan bagi manusia dalam aqidah, ibadah, muamalah maupun hukum.

Semoga bulan Muharram ini bisa menjadi momentum untuk hijrah dari kehidupan yang bertumpu pada kemaksiatan dan kesyirikan menjadi hidup yang menjadikan Islam sebagai way of live. Semoga kita bisa istiqomah dan lebih baik dalam berakhlaqul karimah. Amiin.

Puji/rumahmedia