Munaqosah Wisuda Akbar 3, Klaten Bersinar dengan Alquran

Munaqosah Wisuda Akbar 3,
Klaten Bersinar dengan Alquran

Kegiatan munaqosah ini adalah serangkaian acara Wisuda Akbar 3, yang diselenggarakan oleh Guru Ngaji Berdaya. Diharapkan dengan adanya acara Klaten Menghafal ini, akan banyak lahir hafiz dan hafizah yang mampu membumikan Alquran di wilayah Klaten.

Munaqosah adalah tes untuk menguji hafalan dan ketepatan makhrajul huruf dari para santri berdasarkan level yang diikuti. Kegiatan ini dibagi dua, yaitu munaqosah gelombang satu dan gelombang dua. Untuk gelombang satu sudah diadakan pada 1 Desember 2019. Sedangkan gelombang dua diadakan satu pekan setelahnya.

Empat kategori level yang diujikan, antara lain:

  1. Pra level : Surat An-Naba
  2. Level 1 : Surat An-Nas sampai dengan Surat Al-Ghasiyyah
  3. Level 2 : Surat An-Nas sampai dengan Surat An-Naba (juz 30)
  4. Level 3 : Juz 30, Surat Al-Mulk, Al-Qalam, Al-Haqqah, Al-Ma’rih dan Nuh
  5. Level 4 : Juz 30 dan juz 29

Acara Munaqosah Gelombang dua telah purna dilaksanakan pada Ahad, 8 Desember 2019 di Masjid Al-Aqsa, Klaten. Sejak pukul enam pagi, para santri sudah mulai berdatangan memadati kawasan masjid. Mereka mengenakan baju dengan warna dominan putih. Oleh panitia dan para relawan, para santri dikumpulkan di bagian depan. Sedangkan wali santri menunggu di dalam aula.

Sambil menanti munaqosah berlangsung, wali santri mendapatkan tausiyah dari Ustadz Puji. Materi yang disampaikan juga sangat bagus, tentang bagaimana menjadi teladan bagi anak-anak. Jangan hanya pandai menyuruh saja, tapi tidak mampu memberi contoh yang baik. Sehingga anak tidak memiliki figur panutan.

Ingin punya anak sebagai penghafal Alquran, orang tua juga harus mau belajar menghafal Alquran. Meluangkan waktu setiap hari untuk murajaah bersama anak-anak. Membangun kedekatan personal dengan baik, sehingga anak akan mudah jujur dan terbuka dengan orang tuanya dalam banyak hal. Kegiatan tausiyah selesai ketika sudah ada santri yang selesai munaqosah.

Kemudian para wali santri pun bersiap untuk menjemput mereka. Beberapa santri terlihat antusias menceritakan bagaimana munaqosah berlangsung. Ada binar wajah berseri, senang, kecewa, dan sedih khas cerita anak-anak.

Rencananya, pengumuman santri yang lulus munaqosah tahap pertama dan kedua, akan diberitahukan pada tanggal 14 Desember 2019. Dan puncaknya, acara Wisuda Akbar Klaten Menghafal akan diselenggarakan pada 25 Desember 2019.

Barakallahu fiikum untuk semua santri yang sudah mengikuti acara Munaqosah gelombang satu dan gelombang dua. Kalian hebat, sudah berani tampil di depan penguji. Dan bagi yang bisa lolos hingga Wisuda Akbar, Insyaa Allah itu adalah bonus.

Anak-anak yang menjadi penghafal Alquran, kelak di surga akan memakaikan mahkota pada orang tuanya. Masyaa Allah.

Jazakumullahu khairan untuk semua panitia Guru Ngaji Berdaya, relawan dan para penguji yang telah menyelenggarakan kegiatan ini.
Semoga kelak di Klaten akan tumbuh pemimpin dari generasi penghafal Alquran.

Barakallahu fiikum.

Klaten, 9 Desember 2019

rumahmediagrup/siskahamira