Nubar Pintu Gerbang Menjadi Penulis

Nubar Pintu Gerbang Menjadi Penulis

Pernahkah mendengar kata nubar? Nubar adalah akronim dari Nulis Bareng. Nulis bareng adalah nulis bersama dalam satu buku. Penulis lebih dari satu orang.

Inilah pengalaman pertama saya memulai menerbitkan buku. Bahkan sudah banyak buku nubar yang saya ikuti. Dengan nubar, saya bisa menerbitkan banyak buku.

Berawal dari masuknya saya sebagai anggota komunitas menulis. Sebagian besar anggotanya bukan penulis bahkan belum pernah menulis. Mereka masuk komunitas tersebut karena ingin menjadi penulis.

Hingga suatu saat saya diminta berbagi tulisan apa saja di grup WhatsApp komunitas menulis itu. Saya benar-benar tidak percaya diri. Saya bingung apakah tulisan saya pantas dibagikan di grup tersebut.

Dorongan dari teman-teman anggota dalam komunitas itu membuat saya memberanikan diri untuk menulis. Saya mencoba berbagi satu tulisan. Namun saya berkali-kali baca beberapa referensi yang membuat saya percaya diri.

Saya berhasil mengunggah satu tulisan di grup WhatsApp tersebut. Banyak pujian dan dukungan agar saya terus menulis. Akhirmya saya menulis terus dan tak dapat dihentikan. Di mana saja dan kapan saja, saya menulis dan unggah di grup WhatsApp komunitas itu.

Suatu ketika muncullah event menulis. Saya mengikuti menjadi salah satu kontributornya. Saya hanya mengirim satu naskah sebagaimana kontributor lainnya. Setelah beberapa waktu menunggu, akhirnya nama saya terukir dalam buku ber-ISSBN. Wah senangnya bukan main.

Saat ini sudah puluhan buku nubar saya ikuti. Saya mengikuti event nubar di beberapa komunitas menulis lainnya. Saya juga mencoba menulis genre apa saja. Jadi belajarlah, membacalah, dan menulislah.

Rumahmediagrup/ saiful amri