Obat Anti Stres dan Kepikunan Adalah Menulis I

Menulis adalah aktivitas mengasah otak kiri yang berkaitan dengan analisis dan rasional. Saat melatih otak kiri, otak kanan akan bebas untuk mencipta, mengintuisi, dan merasakan. Menulis bisa menyingkirkan hambatan mental dan memungkinkan seseorang menggunakan semua daya otak untuk memahami diri sendiri, orang lain, serta dunia sekitar dengan lebih baik.

Menurut saya, kebiasaan menulis juga bermanfaat dalam segi kesehatan. Manfaat yang bisa didapat yaitu untuk kesehatan otak dan kesehatan jiwa.

  1. Menjaga Kesehatan Otak.

Menurut saya dengan melakukan kebiasaan menulis bisa bermanfaat untuk kesehatan otak kita, antara lain:

  • Mencegah kepikunan. Dengan menulis berarti kita mengulang kembali informasi yang pernah kita dapatkan. Mungkin informasi berkaitan hal yang pernah kita dengar, lihat, atau baca. Kita mencoba untuk memunculkan kembali hal yang pernah kita ingat. Melalui kebiasaan ini saya berpendapat informasi-informsi tersebut tertanam kuat dalam otak kita. Sehingga kita senantiasa mengingatnya dan kepikunan tidak akan mudah kita alami.
  • Meningkatkan kecerdasan. Saya yakin orang-orang pandai yang berada di sekolah kita, atau pemimpin negeri ini memiliki kebiasaan menulis yang baik. Kalau di sekolah berarti menulis (menjawab) lebih banyak tentang soal-soal dalam buku. Untuk bisa menulis (menjawab soal) dengan benar maka perlu membaca lebih banyak. Kebiasaan menulis bagi sebagian orang menuntut untuk membaca terlebih dahulu sebelum memulai untuk menulis. Hal inilah mengapa menurut saya menulis dapat meningkatkan kecerdasan.
  1. Menjaga Kesehatan Jiwa

Dengan menulis dapat juga bermanfaat untuk kesehatan jiwa seseorang, antara lain:

  • Mengurangi/menghilangkan stress. Pada sebagian orang termasuk saya menulis merupakan salah satu alternatif untuk menumpahkan permasalahan yang muncul. Setidaknya saya merasakan perasaan sedikit lebih lega ketika sudah menuliskan apa yang ada di dalam hati pada secarik kertas atau dalam laptop.
  • Meningkatkan rasa percaya diri. Dengan menulis berarti ada nilai tambah dalam diri kita yaitu sebuah karya dalam bentuk tulisan. Walaupun tulisan kita buruk atau baik di mata orang kita mencoba untuk belajar dan berproses untuk menjadi lebih baik. Menulis juga membuat kita memiliki wawasan yang lebih banyak karena di iringi dengan kebiasaan membaca. Menulis juga bisa membuat kita di kenal oleh banyak orang.

Bermanfaat untuk orang lain. Terkadang  seseorang mencari informasi yang dibutuhkan melalui internet. Kita dapat bermanfaat bagi orang lain ketika tulisan kita banyak dibaca oleh orang lain dan memberikan solusi. Ketika kita bisa bermanfaat untuk orang lain maka jiwa kita akan lebih bersyukur.

rumahmedia/deejay