Orang-orang Misterius

Orang-orang Misterius

Kita bukan sedang membahas kisah bergenre thriller, riddle, ataupun horor. Bukan pula hendak membahas tokoh Sherlock Holmes, James Bond, dan sederet tokoh yang menjadi pemecah misteri.

Tetapi yang akan kita bicarakan di sini adalah orang-orang misterius di hadapan manusia. Tersembunyi dari perhatian orang banyak.

Apa yang tersembunyi itu? Orang-orang misterius adalah orang-orang yang mengetahui bahwa kelak di akhirat akan dinyalakan api neraka bagi 3 golongan manusia. Ketiga golongan tersebut yaitu, qari(penghapal) Alquran, orang yang menginfakkan hartanya di hal-hal baik, dan yang berjuang di jalan Allah SWT.

Ketiga golongan manusia tersebut dimasukkan ke dalam api neraka, padahal mereka berbuat baik. Naudzubillah min dzalik. Tetapi, mengapa bisa begitu? Bukankah yang akan memasuki neraka adalah orang-orang yang lalai?

Sebabnya mengapa 3 golongan manusia tersebut terancam dicemplungkan ke dalam neraka karena ada satu bahaya laten yang sangat dibenci Allah, yaitu riya. Riya melakukan ibadah, bukan karena mengharapkan rida-Nya, tetapi mengharap pujian serta sanjungan dari manusia. Agar disebut dan disanjung oleh masyarakat sekitar sebagai orang paling saleh dan pasti masuk surga.

Lalu, bagaimana dengan orang-orang misterius yang mengetahui 3 amalan baik tersebut tadi? Apakah mereka tidak melakukan ketiga amalan baik tersebut?

Tentu saja mereka melakukannya. Akan tetapi dengan sembunyi-sembunyi. Tidak menunjukkan sedikitpun amalan-amalan baik yang sudah dikerjakan, sehingga mereka tampak seperti orang biasa saja di hadapan masyarakat. Benar-benar hanya dirinya dan Allah saja yang tahu. Mereka khawatir, malu, dan takut bila diketahui orang banyak maka nilai pahala yang didapatkan akan berkurang di hadapan-Nya. Benar-benar tujuannya satu, yaitu hanya mengharapkan rida Illahi.

Wallahu alam bishowab.

***

Referensi : Hamid Al Bilali, Abdul. Taujih Ruhiyah (Pesanpesan Spiritual Penjernih Hati Jilid 1), An Nadwah: Jakarta, 1424 H/ 2003 M.

rumahmediagrup/rheailhamnurjanah