Alat Pelindung Diri itu Penting

Bagaimana masyarakat dan pemerintah tidak mengapresiasi seorang tenaga media, yang saat ini tentunya menjadi pahlawan bagi bangsa Indonesia.

Ya, beberapa dokter dan para tenaga medis yang selalu siap siaga membantu para pasien yang datang, juga merasakan ketakutan yang sama dalam situasi pandemi saat ini.

Dengan segala keberanian dan kekuatan diri merekalah, para pasien dapat tetap memeriksakan diri ketika sakit ke dokter dan Rumah Sakit terdekat.

Inilah satu dokter yang ada di Kabupaten Tasikmalaya, yang saat ini mengemban tugasnya sebagai dokter di Rumah Sakit Manonjaya Medical Center (MMC) dr. Asep Nursyamsi, yang sangat berhati-hati dalam hal penanganan pasien yang sakit setiap harinya.

Tak kalah dengan Rumah Sakit lain yang pada umumnya selalu menjaga kepatuhan kerja, memberikan pelayanan maksimal dengan peralatan yang bisa dibilang cukup lengkap.

Selain juga menggunakan Alat Pelindung Diri, para dokter serta perawat yang ada, juga selalu menganjurkan sekaligus mengingatkan, agar kita selalu menjaga kesehatan dan kebersihan diri dan lingkungan keluarga.

Ketakukan akan wabah virus Covid-19 ini tentu dirasakan oleh semua orang. Tak terkecuali seorang dokter dan pegawai Rumah Sakit.

Merekapun harus tetap waspada dan siaga untuk tetap bertahan melindungi diri serta para pasien yang datang, untuk selalu bersikap peduli akan kebersihan.

Sudah selayaknyalah, APD tetap dipakai ketika bertugas. Itupun tetap memberikan sedikit kekhawatiran. Karena semua warga saat ini sedang berjuang melawan wabah yang sedang buming nama dan efeknya bagi dunia.

Seorang dokter secara kode etik profesi mereka, memang yang terdepan saat ini, untuk tetap melayani para pasien. Tidak bisa lari dari tanggung jawab itu.

Untuk mengisi kejenuhan dan membuang rasa takut itu, para dokter dan stafnya juga perlu berolahrga dan mendapatkan sinar matahari yang cukup untuk kesehatan tubuh dan menjaga imunitas kekebalan tubuh melalui konsumsi makanan yang cukup nilai gizinya.

Jadi, jangan salahkan mereka ya. Ketika dengan gagahnya berfoto selfie. Bukan untuk menampilkan kesombongan diri, namun justru lebih kepada memperlihatkan kepada dunia, bahwa mereka memang benar-benar sebagai pahlawan super yang patut dihargai dan diapresiasi oleh semua masyarakat.

Selain itu, dengan cara selalu menghimbau dalam hal penggunaan masker tetap dilaksanakan. Tetap sehat dan kuat ya, dok!

Rumah Media Kita / Allys Setia Mulyati

Foto : dokumentasi pribadi dr. Asep Nursyamsi