“/ PENGENDALIAN COVID-19 CUKUPKAH ANDALKAN 3 T??

“/PENGENDALIAN COVID-19 CUKUPKAH ANDALKAN 3 T??

Oleh Puji Yuli

Pandemi virus covid 19 masih belum tahu kapan akan berakhir. Bahkan saat ini ada varian jenis baru dari virus covid 19 yang penyebarannya lebih cepat. Hal ini tentu sangat berdampak bagi masyarakat di negeri ini mulai dari sektor pendidikan, sektor ekonomi maupun sosial masyarakat. Pandemi covid 19 ini menimpa beberapa negara yang ada di dunia seperti Indonesia, India, Arab Saudi maupun beberapa negara yang ada di Amerika, China maupun Eropa.

Pandemi covid 19 ini dirasakan oleh masyarakat negeri ini dan masyarakat di penjuru dunia mulai tahun kemarin sampai saat ini. Bahkan kaum muslimin juga merasakan adanya dampak dari pandemi covid 19 dalam melaksanakan ibadah bulan suci ramadhan, hari raya idul fitri maupun ibadah haji dan hari raya kurban. Bahkan tahun 2020 kemarin banyak kaum muslimin di berbagai negara tidak bisa melaksanakan ibadah haji di tanah suci Mekkah Arab Saudi.

Pandemi virus covid 19 ini telah menimbulkan lebih dari satu juta penduduk dunia yang meninggal dunia, dan lebih dari satu juta yang masih menjalani perawatan maupun isolasi mandiri karena terinfeksi virus covid 19. Adanya virus covid 19 ini, kita diingatkan untuk menjaga protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun maupun melakukan social distancing atau jaga jarak agar kita tidak terkena virus covid 19. Selain itu harus adanya 3T yaitu Testing, Tracing dan Treatment untuk pengendalian penyebaran virus covid 19.

Presiden Joko Widodo mengingatkan empat provinsi di Pulau Jawa yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur serta beberapa kabupaten atau kota termasuk kota Bandung agar melakukan koordinasi dan 3 T pada penangganan Covid 19. Hal itu diungkap Walikota Bandung Oded M.Danial . (Https://national.okezone.com/read/2021/06/13/337/2424517/kasus covid 19 melonjak presiden jokowi minta kepala daerah terus genjot 3t) .

Pandemi virus covid 19 yang belum tahu kapan akan berakhir dan penyebarannya semakin cepat itu perlu penanggulangan yang serius lebih dari 3T. Selain itu, pemerintah perlu segera melakukan penanggulangan serius selain penekanan 3 T ( testing, tracing dan treatment) dalam menanggani pandemi virus covid 19. Hal ini dilakukan karena pemerintah itu sebagai pemimpin yang mempunyai tanggung jawab besar untuk keamanan dan kesehatan atas rakyat yang dipimpinnya. Pemerintah bisa melihat bagaimana Islam dan Rasulullah SAW dalam menanggani wabah penyakit tha’un waktu itu. Ini dilakukan agar pemerintah bisa menanggani dan melakukan pengendalian secara tepat dalam pandemi virus covid 19.

Pujiyuli/rumahmedia