PENYAKIT PENUNDAAN

Penyakit Penundaan

Dua nikmat yang disia-siakan oleh banyak orang: Kesehatan dan Waktu luang”

HR. Bukhari

Betapa indah dan spesial penciptaan manusia. Dikaruniai sesuatu yang membedakan dengan makhluk lainnya. Pada bagian tubuh yang sangat vital.

Adalah Pre Frontal Cortex atau di singkat PFC. Bagian otak manusia yang membedakan dengan otak makhluk lainnya. PFC inilah yang memiliki fungsi eksekutif untuk berpikir.

Peran lain PFC adalah 3M yaitu merencanakan, memilih dan memutuskan. inilah yang erat kaitannya dengan perilaku keseharian. Salah satunya ketika kita dituntut untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Kelonggaran waktu yang dimiliki untuk mencapai target yang di tetapkan tak jarang membuat terlena. Penundaan akhirnya yang terjadi. PFC tak diberikan kesempatan untuk bekerja sempurna.

Kesempatan untuk merencanakan tak dilakukan. Kesempatan untuk memilih diabaikan. Akhirnya kesempatan untuk memutuskan sudah terlambat, akibat penyakit penundaan.

Filosofinya seperti kita memiliki dua orang anak yang merantau. Satu orang anak akan pulang setahun kemudian. Satu orang lagi akan pulang seminggu kemudian. Niscaya kita tidak akan persiapkan penyambutan anak yang pulang setahun kemudian, namun lebih mempersiapkan penyambutan anak yang akan pulang seminggu kemudian.

Begitulah PFC menyelaraskan pikiran dan tindakan dengan tujuan. Penuh pemaknaan. Berani menunda kenikmatan.

Penyakit penundaan menjangkiti orang- orang yang tidak sadar akan 5 hal tentang masa yaitu masa muda sebelum masa tua, masa sehat sebelum masa sakit, masa kecukupan sebelum masa kemiskinan, masa luang sebelum masa sibuk dan masa hidup sebelum masa matimu.

Perintah suci mengatakan kepada kita, untuk bersegera melakukan urusan berikutnya dengan sungguh sungguh setelah selesai dengan satu urusan.

Maka bersegeralah obati penyakit penundaan dengan senantiasa mengaktifkan fungsi pre frontal cortex kita dengan baik. Sebelum semua yang berharga hilang dan berlalu dengan sia- sia.

rumahmediagrup/anisahsaleh

2 comments

Comments are closed.