Peran Ayah

Oleh : Hamni Azmi

Sosok ayah adalah sosok yang sangat penting di dalam sebuah keluarga. Peran ayah dalam keluarga pasti akan memberikan pengaruh yang besar dalam proses pembentukan sebuah keluarga.

Karena sosok ayah biasanya adalah sosok yang dijadikan idola dan panutan.

Ayah adalah sebagai pemimpin dalam keluarga. Pemimpin bagi istri dan anak-anaknya. Dan memang sejatinya Allah menciptakan manusia sebagai khalifah di muka bumi ini.

Ayah sebagai seorang pencari nafkah.
Dalam hal ini nafkah” yang dicari oleh seorang ayah haruslah nafkah yang halal. Karena Allah sudah menyiapkan rezeki yang halal untuk dijemput.

Anak-anak yang didampingi pertumbuhanya oleh seorang ayah, akan besar menjadi anak yang tegas dan pemberani.

Walau mungkin seolah tidak nampak peran seorang ayah dalam sebuah keluarga. Padahal kehadirannya sungguh luar biasa. Ialah pelaksana utama kesuksesan sebuah keluarga. Karena ia, lebih banyak berperan di belakang layar.

Bagiku, ayah adalah orang yang memberikan banyak ilmu, mengajariku banyak hal tentang kehidupan dunia maupun kehidupan akhirat.
Dia bagaikan mesin ilmu yang bergerak dan membagi ilmunya bagi siapa saja.

Dan dalam peran ayah dari anak-anakku. Yang teramat luar biasa adalah, dialah sejatinya yang punya peran besar dalam menjadikan anak-anak kami berada dalam barisan penghafal alquran.

Mungkin yang tampak secara zahir memang aku yang mengajari anak-anak dalam belajar alquran. Padahal yang sebenarnya, karena si Dad lah yang memberikan fasilitas kepadaku, dialah yang mengambil banyak peranku. Sehingga aku bisa lebih banyak waktu dan lebih fokus mengajari anak-anak.

Dia adalah sebagai suami, juga sebagai patner dan figur ayah yang tegas, humoris dan low profile.

Terpujilah engkau wahai patner jiwaku. Semoga Allah selalu menjagamu untuk kami yang menyayangimu.

Amin Ya Rabbal alamin

Barakallahu fiik

Banjarmasin Kota Seribu Sungai, 19 Oktober 2019

Rumahmediagrup/ Hamni Azmi

Sumber foto : koleksi pribadi

One comment

Comments are closed.