PERAN GURU DALAM ISLAM

PERAN GURU DALAM ISLAM

( Tulisan ini terinspirasi hari guru)

Oleh Puji Yuli

Terpujilah wahai engkau ibu bapak guru. Namamu akan selalu hidup dalam sanubari ku. Semua baktimu akan kuukir di dalam hatiku. Sebagai prasasti Terima kasihku tuk pengabdianmu. Itulah sepenggal lirik lagu himne guru yang biasanya dinyanyikan oleh para siswa saat memperingati hari guru 25 November. Lirik lagu tersebut menggambarkan tentang pentingnya peran guru dalam kemajuan pendidikan suatu bangsa. Melalui para guru itu diharapkan bisa membentuk karakter siswa menjadi generasi yang cerdas dan berakhlakul karimah sesuai dengan ajaran Islam dan Alquran.

Peran guru dalam Islam begitu penting sebagai penyebar kebaikan cahaya ilmu agama Islam maupun sains dan teknologi untuk kemajuan suatu bangsa. Guru dalam Islam berperan sebagai teladan bagi para siswa untuk bersikap dan bertingkah laku sesuai dengan ajaran Islam dan Alquran. Guru dalam bahasa jawa itu bermakna digugu lan di tiru terkait tingkah laku maupun ilmu yang diberikan kepada siswa , baik ilmu agama Islam maupun ilmu sains dan teknologi. Sehingga Islam begitu menghargai pengabdian dan jasa guru yang bisa sebagai pilar utama dalam perkembangan kemajuan Islam dan ilmu pengetahuan bagi peradaban manusia.

Profesi guru merupakan profesi yang mulia sebagai sarana menyebarkan Islam dan Alquran agar bisa dijadikan pedoman dalam kehidupan ini. Melalui jasa guru maka kita bisa belajar membaca Al-Quran, belajar memahami arti dan tafsir Al-Qur’an secara benar. Melalui jasa guru maka kita bisa mengetahui tentang rukun iman, rukun Islam maupun tata cara sholat yang benar sesuai ajaran Islam dan Alquran. Intinya guru dalam Islam berperan penting sebagai cahaya yang menerangi manusia ke jalan yang benar sesuai Islam dan Alquran.

Guru dalam Islam mempunyai peran yang penting dalam pendidikan generasi muda agar tidak terjerumus dalam narkoba maupun pergaulan bebas dan pelecehan seksual. Dimana, guru bisa memberikan wawasan ilmu agama Islam sebagai pondasi dasar membentuk karakter siswa agar bisa beramal sholeh berdasarkan Alquran. Selain itu, guru bisa memberikan bekal ilmu sains dan teknologi sebagai bekal siswa untuk bisa berprestasi dan bisa bersaing di era globalisasi dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Semoga kita bisa menjadi guru yang mampu mengajarkan ilmu yang bermanfaat bagi siswa, baik ilmu agama Islam dan Alquran maupun ilmu sains dan teknologi. Harapannya kita bisa sebagai guru yang mempunyai bekal ilmu yang berkah dan bermanfaat agar bisa menjadi amal jariyah bagi kita saat kita sudah meninggal dunia. Semoga kita bisa menjadi guru yang memberikan inspirasi kebaikan Islam dan Alquran kepada siswa agar bisa berakhlak mulia dan bisa memajukan Islam dan kaum muslimin. Aamiin Ya Allah.

Puji Yuli/rumahmedia

PERAN GURU DALAM ISLAM
( Tulisan terinspirasi hari Guru)

Oleh Puji Yuli

Terpujilah wahai engkau ibu bapak guru. Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku. Semua baktimu akan kuukir di dalam hatiku. Sebagai prasasti Terimakasih ku tuk pengabdianmu. Itulah sepenggal lirik lagu himne guru yang tentunya dinyanyikan oleh para siswa saat memperingati hari guru tanggal 25 November. Lirik lagu itu menggambarkan tentang pentingnya sodok guru yang bisa dijadikan sebagai teladan dalam bersikap dan bertingkah laku.

Tinggalkan Balasan