Percaya pada Indah Skenario Dan Rencana-Nya

Percaya pada Indah Skenario Dan Rencana-Nya

Manusia senang berencana, namun tak jarang kenyataan berbeda dengan harapan. Merasa sedih dan susah. Kecewa atas ingin yang bertepuk sebelah tangan.

Seringkali kita lupa, ada kuasa Allah di atas segalanya. Beriman kepada Qadha dan Qadar seharusnya sungguh-sungguh kita amalkan. Karena di balik susah dan senang, ada takdir terbaik yang telah disiapkan untuk kita oleh-Nya.

“Aku tidak peduli atas keadaan susah dan senangku. Karena aku tidak tahu manakah di antara keduanya itu yang baik bagiku,” begitulah perkataan Khalifah Umar bin Khattab. Yang sepatutnya juga kita jadikan teladan dan keyakinan.

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, yang artinya :
“Jika sesuatu menimpamu, maka janganlah mengatakan, ‘Se-andainya aku melakukannya, niscaya akan demikian dan demikian.’ Tetapi ucapkanlah, ‘Sudah menjadi ketentuan Allah, dan apa yang dikehendakinya pasti terjadi.’ ”

Allah SWT berfirman dalam Surat Ar-Ra’d ayat 39, yang artinya :
“Allah menghapus dan menetapkan apa yang Dia kehendaki. Dan di sisi-Nya terdapat Ummul-Kitab (Lauh mahfuz).”

Serta dalam Surat Al-Furqan ayat 2, yang artinya :
“Yang kepunyaan-Nya-lah kerajaan langit dan bumi, dan Dia tidak mempunyai anak, dan tidak ada sekutu bagi-Nya dalam kekuasaan(Nya),dan Dia telah menciptakan segala sesuatu dan Dia menetapkan ukurannya dengan serapi-rapinya.”

Teringat pula sebaris bait dari sebuah lagu berjudul ‘Dengan Menyebut Nama Allah’ :
“Serahkanlah hidup dan matimu, serahkan pada Allah semata. Serahkan duka gembiramu, agar damai senantiasa hatimu.”

Pada banyak kesempatan, saat terbersit rasa kecewa akibat segala sesuatu yang tak berjalan sesuai rencana. Lalu memilih untuk bertawakal, diiringi dengan doa dan ikhtiar. Justru terjadi hal tak terduga yang berakhir lebih indah, buah hikmah dari situasi dan kejadian yang sebelumnya tak diharapkan.

Selalu berbaik sangka pada Allah, percaya pada indah skenario & rencana-Nya. Mendatangkan kedamaian di hati. Membuat kita tetap semangat menjalani hari-hari. Karena meyakini, bahwa Allah SWT selalu memberikan takdir terbaik bagi makhluk-Nya.

Semoga Allah senantiasa memudahkan langkah perjalanan kita. Melapangkan hati kita atas setiap ketetapan-Nya. Menerangi dan memberkahi hidup kita. Aamiin.

rumahmediagrup/arsdiani

2 comments

Comments are closed.