Percayalah Kita Sanggup

Janganlah merasa bahwa kita adalah orang yang paling hina dan papa. Semua orang mempunyai kelebihan yang kekurangan. Aku mampu berbahasa dan merangkai kata, tapi tak mampu mengutak atik angka.

Aku pandai tentang sejarah, tapi aku bukan pujangga. Aku pandai menghitung angka, tapi aku tak pandai berolah raga. Aku mudah untuk memahami teknologi tapi aku tak mudah menghapal Alquran.

Semua mempunyai keunggulan dan kelemahan, maka janganlah merasa kita kecil atau paling bodoh. Yakinlah semua akan mampu, Allah tidak akan memberikan cobaan kepada setiap yang tak mampu menerimanya.

Sesuai surat dalam Alquran, Bismillahirahmanirahim

“Allah tidak membebani seseorang itu melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” (Q.S. Al-Baqarah: 286)

Jika kalian mengatakan, “saya tidak akan sanggup”, sebenarnya kalian sudah mendahului Allah. Kalian sok tahu, bahwa kalian tidak akan mampu. Kata siapa? Itu hanya pemikiran negatif kalian. Bisa jadi karena kalian malas, manja, atau cengeng.

Padahal jelas, dalam ayat di atas bahwa kita tidak akan dibebani, beban apapun kecuali sesuai dengan kesanggupan kita. Jika kalian berpikir tidak sanggup, itu hanya anggapan kalian saja.

rumahmediagrup/suratmisupriyadi