PEREMPUAN MULIA DENGAN ISLAM

PEREMPUAN MULIA

Oleh

Allah SWT menciptakan manusia berupa laki laki dan perempuan dengan tujuan untuk beribadah kepada Allah SWT. Perempuan dan laki laki memiliki kedudukan yang sama di hadapan Allah SWT dalam menjalani kehidupan di dunia ini. Tidak ada yang lebih tinggi maupun lebih rendah kedudukannya di dunia ini juga dihadapan Allah SWT. Karena kemuliaan manusia baik itu laki laki maupun perempuan itu dilihat dari ketakwaan dan amal sholih yang dilakukan manusia baik itu laki laki maupun perempuan.

Perempuan itu mulia kalau mau berpedoman kepada Alquran dalam menjalankan kewajibannya di dunia ini. Peran perempuan itu sangat mulia yaitu sebagai ibu dan pengatur rumah tangga. Dimana, perempuan secara fitrah itu memiliki sifat lembut dan kasih sayang dalam merawat dan mendidik anak anaknya agar bisa menjadi generasi Qur’ani. Jadi peran perempuan itu sangat penting dalam membangun peradaban yang mulia sesuai dengan Islam.

Pada masa Rasulullah SAW dan khulafaur Rasyidin itu kita bisa melihat bahwa perempuan itu harus dijaga dan dilindungi martabat dan kewibawaannya . Perempuan itu dijaga kehormatan dan jiwanya dari pelecehan dan dari kekerasan . Selain itu, perempuan mempunyai hak yang sama dengan laki laki untuk berpendapat dan menyampaikan kebenaran juga menuntut ilmu Islam.

Kita bisa melihat bahwa pada masa khalifah Umar bin khattab itu menghargai pendapat perempuan yang memprotes kebijakannya terkait dengan mahar. Khalifah Umar bin khattab justru berterima kasih kepada perempuan itu karena sudah diingatkan . Selain itu, kita bisa melihat di masa khalifah Almuhtasim yang melindungi kehormatan perempuan. Pada saat itu, khalifah Almuhtasim menyediakan banyak pasukan untuk mengingatkan kepada kaum kafir yang telah menyingkap kerudung seorang perempuan muslim. Ini membuktikan bahwa dengan Islam kaffah berdasarkan Alquran itu perempuan bisa mulia.