Perjalanan

Oleh : Hamni Azmi

Dalam perjalanan kita dari buaian hingga liang lahat, tentu banyak sekali yang telah dan akan kita temui. Kadang suka, duka, senang, susah, sakit, sehat, merasakan kebersamaan, merasakan kesendirian, ditinggalkan, dan juga meninggalkan.

Yang belum pernah kita rasakan adalah kematian yang sesungguhnya. Berpisahnya raga dan ruh untuk menemui Sang Khaliqnya.

Kodratnya manusia, merasakan susah sedikit saja sudah mengeluh, merasakan sakit, meratap bahkan mungkin bisa sampai putus asa. Padahal Allah sangat tidak menyukai hambanya yang berputus asa.

Kadang kita tidak memahami apa maksud di balik ujian yang Allah berikan. Kita sibuk menangis, meratap, mengeluh, hingga mematikan hati.

Karena sesungguhnya Allah rindu kepada kita, Allah ingin melihat kita bersujud khusyu di sepertiga malam. Allah rindu lantunan kalam-Nya yang terucap syahdu. Yang mungkin sudah jarang kita lakukan.

Allah hanya ingin kita mendekat kembali kepada-Nya. Melaksanakan segala perintah-Nya dengan sepenuh jiwa da raga.

Hingga suatu saat nanti, Allah memanggil kita dalam keadaan yang terbaik, untuk menemui-Nya di akhir hayat nanti.

Semoga yang sedang diuji dengan sakit, yang sedang diuji dengan permasalahan yang rumit, segera di sehatkan, dan diberikan petunjuk dalam menyelesaikan semua permasalahannya.

Amin ya rabbal alamin.

Barakallahu fiikum

Sebamban Bumi Bersujud, 10 Oktober 2019

Rumahmediagrup/Hamni Azmi

Sumber foto : koleksi pribadi