Perlengkapan untuk Pasien Rawat Inap

Perlengkapan untuk Pasien Rawat Inap

Terkadang kita  sebagai pendamping pasien suka bingung, perlengkapan apa yang harus kita siapkan bagi pasien saat harus menjalani rawat inap di rumah sakit.

Berikut adalah beberapa barang pribadi yang  minimal harus kita siapkan untuk kebutuhan pasien :

1. Pakaian ganti dan pakaian dalam

Jumlah pakaian ganti yang kita siapkan tergantung dari aturan di rumah sakit, apakah mereka menyediakan pakaian khusus pasien atau tidak. Jika mereka menyediakan, maka minimal kita siapkan satu stel pakaian untuk nanti pada saat pulang. Jika rumah sakit tidak menyediakan baju khusus pasien, maka bisa diperkirakan berapa hari kemungkinan dirawat.

Untuk jenis pakaian, lebih baik kita membawa dari bahan katun yang longgar dengan bukaan depan yang nyaman dan mudah untuk lepas pasangnya. Karena pasti akan ada selang infus, dan posisi pasien tidak memungkinkan  bergerak leluasa.

Termasuk pakaian dalam. Jika pasien menggunakan pamper, maka pakaian dalam yang kita bawa tidak perlu banyak. Jangan lupa siapkan tisu basah khusus untuk membersihkan saat mengganti pamper.

2. Perlengkapan mandi

Alat yang kita bawa berupa handuk kecil, waslap, sabun cair, pasta gigi dan sikat gigi. Ada bagusnya kita membawa minyak kayu putih atau minyak aromaterapi lain. Nanti bisa dibalurkan ke badan pasien setelah mandi, untuk menghangatkan tubuhnya. Jangan lupakan pelembab kulit, agar kulit pasien tidak terasa kering karena terus berada di ruangan berpenyejuk udara.

3. Perlengkapan ibadah

Walaupun dalam kondisi sakit, ibadah jangan sampai ditinggalkan oleh pasien. Ketika sakit, ibadah bisa dijadikan kesempatan yang intim bagi pasien dengan Sang Khalik. Siapkan perlengkapan ibadah seperti mukena, sarung, sajadah, kopiah dan jika memungkinkan kitab suci kecil.

4. Obat-obatan rutin pasien

Biasanya jika pasien harus mengonsumsi obat-obatan rutin, tim dokter akan menanyakan jenis obatnya. Jadi, akan lebih baik jika obat tersebut kita bawa dan diserahkan ke tim medis. Agar dapat disesuaikan dengan pengobatan yang akan diterima selanjutnya.

5. Perlengkapan makan dan minum

Sebaiknya kita juga membawa perlengkapan sendiri untuk pasien, contohnya membawa tumbler, sehingga selalu tersedia air hangat untuk minum pasien. Siapkan juga sendok dan gelas dari bahan plastik yang aman untuk makanan. Sertakan juga lap, atau untuk lebih praktis bisa sediakan tisu basah dan tisu kering.

6. Makanan dan minuman

Perhatikan fasilitas dari rumah sakit, ada beberapa rumah sakit yang menyediakan dispenser ada juga yang tidak. Artinya, jika tidak disediakan fasilitas tersebut, kita harus mempersiapkan sendiri air putih dalam kemasan untuk minum pasien. Sediakan juga makanan ringan khusus untuk camilan pasien yang sesuai dan diperbolehkan oleh tim medis.  

Semua perlengkapan ini bisa kita masukkan ke dalam satu tas serbaguna, agar praktis dan tidak ada yang tertinggal. Dengan mempersiapkan segala kebutuhan minimal untuk pasien sejak awal, diharapkan dapat membantu pasien untuk menjalani perawatan dengan maksimal di rumah sakit.

rumahmediagrup/gitalaksmi