PERSIAPAN HADAPI BANJIR

PERSIAPAN HADAPI BANJIR

Oleh Puji Yuli

Musim hujan identik dengan kewaspadaan akan bencana alam berupa banjir ataupun longsor. Banjir itu terjadi karena luapan air hujan yang melimpah dan tidak tertampung di sungai maupun dilautan. Bencana banjir itu bisa berupa banjir ROB maupun banjir bandang. Apapun itu kita perlu berbenah diri untuk menjaga lingkungan hidup di sekitar kita agar tidak terkena musibah banjir.

Banjir yang terjadi di daerah yang ada di wilayah Indonesia seperti Jakarta itu kemungkinan karena kerusakan pada pengelolaan lingkungan hidup. Dimana, banyaknya daerah aliran sungai yang tersumbat karena limbah sampah rumah tangga maupun sampah limbah industri. Selain itu, kurangnya penataan drainase yaitu saluran air yang ada di lingkungan hidup masyarakat.

Bencana banjir itu bisa terjadi kapan saja waktu musim hujan tiba. Maka dari itu perlunya persiapan dan siaga dari masyarakat dan negara untuk penanganan banjir. Terkait obat obatan, bahan makanan, evakuasi pengungsi korban banjir maupun penanganan penyakit pasca banjir . Ini perlu dilakukan agar tidak terjadi korban meninggal dunia maupun banyaknya warga masyarakat yang sakit parah dan kelaparan karena musibah banjir.

Itulah sekelumit persiapan yang perlu dilakukan saat hadapi bencana banjir. Dengan siaga bencana banjir diharapkan kita bisa waspada dan tidak mengalami kerugian yang terlalu besar saat terjadi musibah banjir. Semoga ini bisa memberikan pelajaran berharga bagi kita untuk senantiasa bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita.

Puji Yuli /rumahmedia