Persiapan Wisata Hati (2)

Persiapan Wisata Hati (2)

Sudah terdaftar sebagai jamaah di biro perjalanan umroh? Alhamdulillah ….

Selanjutnya mulai lengkapi persyaratannya ya, lihat lagi daftar dokumen yang harus kita persiapkan. Yang harus ada itu adalah passpor. Kalau belum punya, bisa urus sendiri ke kantor imigrasi setempat atau menggunakan fasilitas bantuan kolektif di biro perjalanannya, tinggal bayar tambahan jasa saja.

Kemudian lakukan vaksin meningitis, bisa di rumah sakit, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara atau KKP Pelabuhan. Biaya vaksin meningitis sekitar Rp305.000,00. Vaksin meningitis ini wajib bagi jamaah, karena negara Arab Saudi masih merupakan negara endemik Meningitis. Sebaiknya melakukan vaksin ini paling lambat sepuluh hari sebelum keberangkatan, agar vaksin bekerja maksimal membentuk antibodi.

Persyaratan untuk vaksin, kita harus membawa beberapa dokumen, antara lain : fotokopi passpor, fotokopi ktp, 2 lembar foto berwarna ukuran 4×6. Ketika mendaftar kita diminta isi formulir data pribadi terlebih dahulu.

Setelah vaksin, kita akan mendapatkan bukti telah melakukan suntik vaksin berupa buku kuning. Serahkan buku kuning ini ke biro perjalanan sebagai kelengkapan membuat visa umroh.

Syarat lainnya yang kita lengkapi sebelum berangkat umroh adalah rekam biometrik. Walaupun rekam biometrik ini mulai April 2019 sudah tidak diwajibkan lagi sebagai syarat pengajuan visa umroh, tetapi jamaah tetap harus melakukan rekam biometrik. Jika di kota tempat tinggal jamaah belum ada kantor VFS Tasheel, tempat dimana jamaah melaksanakan rekam biometrik, maka rekam akan dilakukan di bandara Jeddah atau Madinah.

Cara melalukan rekam biometrik ini harus didaftarkan janji temu terlebih dahulu secara online oleh biro perjalanan tempat kita terdaftar sebagai jamaah. Selanjutnya kita datang ke kantor VFS Tasheel sesuai waktu janji temu.

Rekam Biometrik

Rekam biometrik yang dilakukan meliputi rekam sidik jari, rekam retina mata dan rekam foto wajah. Syarat yang dibutuhkan adalah berkas janji temu lalu passpor asli dan KTP asli jamaah. Nanti setiap jamaah dikenakan biaya Rp120.000,00. Setelah melakukan rekam akan kita dapatkan tanda terima rekam biometrik VFS Tasheel. Tanda terima tersebut kita serahkan kembali ke biro perjalanan umroh.

rumahmediagrup/gitalaksmi